Selasa, 02 Juli 2013

PERBEDAAN MYSQL DAN DBASE

*MySQL

MySQL adalah suatu sistem managemen basis data relasional (RDBMS-Relational Database Management System) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License) dan mampu bekerja dengan cepat, kokoh, mudah digunakan, multithread dan multiuser. 
Berikut perbedaan teknologi yang menurut saya yang membedakan MySql dengan DBase :
1. Protability
MySQL dapat digunakan dengan stabil tanpa kendala, berarti pada berbagai sistem operasi diantaranya seperti Windows, Linux, Mac OS X Server, Solaris, Amiga HP-UX dan masih banyak lagi.
2. Open source
MySQL didistribusikan secara open source di bawah lisensi GPL, sehingga dapat memperoleh menggunakannya secara cuma- cuma tanpa dipungut biaya sepeserpun dan menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya.
3. Multiuser
MySQL dapat digunakan untuk menangani beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini akan memungkinkan sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan pula.
4. Performance Tuning
MySQL memiliki kecepatan yang cukup menakjubkan dalam menangani query sederhana, serta mampu memproses lebih banyak SQL persatuan waktu.
5. Column Types
MySQL didukung tipe kolom(tipe data) yang sangat kompleks.
6. Command dan Functions
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
7. Scalability dan Limits
Dalam hal batas kemampuan, MySQL terbukti mampu menangani database dalam skala yang besar dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada setiap tabelnya.
8. Interface
Sama halnya dengan software database lainnya, MySQL memiliki interface (antarmuka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Aplication Programming Interface).
9. Struktur table
Struktur tabel MySQL cukup baik, serta cukup fleksibel. Misalnya ketika menangani Alter Table, dibandingkan database lainnya semacam ProgresSQL ataupun Oracle.

*DBase

DBASE adalah sebuah sistem manajemen basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu.
Berikut perbedaan teknologi yang menurut saya membedakan DBase dengan MySql :
1. Tidak Protability 
yakni hanya dapat digunakan pada mikrokomputer untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC. 
2. Shareware 
yakni software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Shareware bukan perangkat lunak bebas ataupun semi-bebas. Hal ini dikarenakan sebagian besar shareware, kode programnya tidak tersedia; jadi tidak dapat dimodifikasi sama sekali.
3. DOS 
Menggunakan system operasi DOS yang sekarang sudah jarang digunakan.
4. Tidak Interface 
yakni tampilannya masih bergaya zaman dahulu dan masih menggunakan disket
5. Menggunakan memori yang kecil 
6. Kurangnya keamanan data
7. Memiliki data yang sangat terorganisir 
8. Tidak cocok untuk data yang besar

Dari uraian pendapat saya diatas, dapat disimpulkan bahwa jelas antara MySQL dan Dbase masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan namun jika dipandang dari segi teknologi MySQL lebih mengungguli dibandingkan DBase karena mySQL merupakan sistem managemen data "modern" yang pastinya terintegrasi dengan berbagai teknologi ,tidak seperti Dbase yang merupakan sistem managemen data "keluaran lama" meskipun hingga sekarang berbagai versinya masih terus dikembangkan. 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Mysql
http://en.wikipedia.org/wiki/DBase

0 komentar:

Posting Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template