Selasa, 02 Juli 2013

Pengantar Komputer dan TI A



·         DEFINISI KOMPUTER
 Kata komputer sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani: COMPUTARE/ TO COMPUTE yang berarti menghitung. Berdasarkan arti tersebut, maka secara harafiah komputer bisa diartikan sebagai sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data informasi yang berupa teks, gambar maupun suara untuk menghasilkan output yang kita kehendaki.
Para ahli :
# HAMACHER
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi
# BLISSMER
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi
# FUORI
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia
# ELIAS M. AWAD
Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).
# LARRY LONG & NANCY LONG
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik
# ROBERT H. BLISSMER
Komputer adalah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpanperintah-perintah dan hasil pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi
# DONALD H. SANDERS
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, bekerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi
# WILLIAMS, SAWYER
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

·         GENERASI KOMPUTER
1.       Komputer Generasi Ke I (1945-1955)
a) Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya
b) Program hanya dapat digunakan dengan menggunakan bahasa mesin Assembler
c) Ukuran fisik komputer yang terlalu besar, sehingga memerlukan tempat yang sangat luas
d) Cepat panas dan memerlukan daya listrik yang besar
e) Proses kurang cepat dan kapasitas penyimpanannya sangat kecil
f)  memiliki media penyimpanan luar: silinder magnetic/ magnetic tape
g)  Berorientasi pada aplikasi bisnis
contoh : UNIVAC II 

2.       Komputer Generasi Ke II (1955-1965)
a) Sirkuitnya terbuat dari transistor
b) Pemrograman dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN, COBOL dan ALGOL
c)  Kapasitas memori sudah cukup besar dan prosesnya sudah lebih cepat
d) Ukuran fisik sudah lebih kecil daripada komputer generasi pertama
e) Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
f) Berorientasi pada bisnis dan teknik
                               Contoh computer  : UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, 1107, IBM 7070, 7080, 1400, 1600.
3.       Komputer Generasi Ke III (1965-1980)
a) Menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai komponennya
b) Pemrosesan lebih cepat dan kapasitas memori lebih besar
c) Bentuk fisik lebih kecil dan harganya murah
d) Peningkatan Software
e) Penggunaan listrik lebih hemat
f)  Media penyimpanan: Disc Magnetic
Contoh: UNIVAC 1109 dan UNIVAC 9000.

4.       Komputer Generasi Ke IV (1980-1990)
a) Menggunakan Large Scale Integration (LSI).
b) Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor   yang  berbentuk chip(Intel/AMD)  untuk memori komputer.
Contoh : IBM 370,Apple II,IBM PC/XT,IBM PC/AT,IBM PS/2,IBM PC/386,IBM PC/486,IBM Pentium II

5.       Komputer Generasi Ke V
a)    Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). 
b)    Di Jepang didirikan ICOT untuk mengembangkan computer yaitu dengan menciptakan computer yang powerfull dan intelligent yang dapat mengerjakan tugas dgn karakteristik seperti manusia dgn natural language.


6.       Komputer Generasi Ke VI
a) Komputer generasi ke VI merupakan generasi computer masa depan.
b) komponen ULSI (Ultra Large Scale Integration).

·         BAGIAN-BAGIAN DASAR KOMPUTER
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak dan perangkat keras:
Perangkat keras
 1.  CPU : sebagai unit yang mengolah data
2.  Memori RAM : tempat menyimpan data sementara
3.  Hard drive : media penyimpanan semi permanen
4.  Perangkat masukan : media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh         UPS, seperti mousekeyboard, dan tablet
5.  Perangkat keluaran : media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
                Perangkat lunak
1.       Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah LinuxWindows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi inputoutput, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2.       Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
                Slot pada computer
1.       ISA/PCI : slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
2.       AGP/PCIe : slot untuk masukan kartu tambahan grafis
3.       IDE/SCSI/SATA : slot untuk hard drive/ODD
4.       USB : slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

·         IMPLEMENTASI KOMPUTER
1.       Bidang pendidikan
Sebagai sarana belajar bagi siswa untuk meningkatkan siswa  karena metode belajar lebih efektif bagi mahasiswa., memperkenalkan kom. Agar siswa terbiasa nnti dalam dunia kerja, menambah wawasan pengetahuan.
2.       Bidang bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi menigkatkan mutu manajemen.


3.       Bidang perbankan
Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan dengan menjamin keamanan dan kerahasiaan rekening para nasabah dll.
4.       Bidang pertahanan dan keamanan
Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di kendalikan komputer.
5.       Bidang seni
Adanya aplikasi adobe photoshop, corel draw, auto cad dapat mempermudah manusia dalam meyelesaikan pekerjaannya khususnya bidang seni.
6.        Bidang kedokteran
Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT (Computer Axial Tomograph) untuk membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak, USG.
7.       Bidang komunikasi
E-Mail, skype,twitter salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer.
MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon.
8.       Bidang Transportasi
Penggunaan kom. Dibidang transportasi yaitu mengatur lampu lalu lintas, sensor yang digunakan untuk melakukan pengendalian jalan raya dengan memberikan pesan kpd kom. Pusat, jalur penerbangan dapat diprogram  dlm computer,serta melakukan penjualan tiket di terminal,bandara,stasiun.
9.       Bidang industry

Komputer digunakan di dalam bidang industri yaitu (CAM – Computer Aided Manufacturing)   untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja dan Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template