Rabu, 03 Juli 2013

Penawaran




Lantas apa itu penawaran ?

Penawaran merupakan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu pada suatu periode. Dalam hal ini terdapat dua macam penawaran, yaitu :
  1. Penawaran perseorangan (individu), adalah penawaran yang dating dari seorang produsen (penjual) terhadap barang yang akan dijualnya kepada konsumen.
  2. Penawaran kolektif (bersama), adalah penawaran yang berasal dari beberapa penjual  (produsen) yang akan menjual barang kebutuhan untuk konsumen.

 Faktor apa saja yang mempengaruhi penawaran ?

Adapun hal-hal yang memengaruhi penawaran adalah sebagai berikut :
  • Harga Jika harga sayuran di pasar tinggi, petani akan meningkatkan jumlah produksinya sehingga kuantitas yang ditawarkan akan naik.
  • Biaya input (faktor produksi) Untuk menghasilkan kedelai yang baik, dibutuhkan faktor produksi berupa tanah, benih, pupuk, dan tenaga kerja. Jika salah satu atau seluruh faktor produksi tersebut mengalami kenaikan, petani akan mengurangi produksi dan menawarkan hasil produksi (kedelai) lebih sedikit. Atau mungkin produksi kedelainya dihentikan dan digantikan dengan produksi lain yang mungkin lebih menguntungkan petani.
  • Tingkat teknologi Seorang pengrajin sepatu sebelum adanya mesin dapat menghasilkan sepatu 250 pasang seminggu, tetapi ketika menemukan mesin yang dapat memproduksi sepatu 1.000 pasang dalam seminggu, jumlah penawaran pun bertambah.
  • Keuntungan/laba (keuntungan yang diharapkan) Jika harga kedelai diperkirakan akan turun pada akhir tahun ini, petani akan mengurangi produksi kedelainya dan menggantikannya dengan produksi yang lain.
  • Adanya tingkat persaingan Semakin tinggi persaingan suatu barang karena semakin banyaknya produsen maka jumlah penawaran pun semakin banyak.
  • Harapan masa depan (e pectation) Ketika suatu barang langka di pasaran, produsen mencoba menahan barang tersebut untuk tidak ditawarkan dulu ke pasar dengan harapan harga naik terus dan produsen akan mendapatkan laba yang besar dari perbuatannya. Perbuatan ini termasuk penimbunan yang di dalam etika bisnis tidak diperkenankan karena merugikan banyak orang.

 Jika demikian mengapa harga dapat mempengaruhi penawaran ?

Harga memang dapat menentukan apakah penawan akan suatu barang atau jasa meningkat atau menurun. Hal ini dinyatakan dalam Hukum Penawaran yang berbunyi :

“Apabila harga barang atau jasa mengalami kenaikan, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan juga akan megalami kenaikan. Begitu pula sebaliknya, bila harga barang atau jasa mengalami penurunan harga, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan pun akan ikut menurun.”

Sebagai contoh ketika harga jeruk menurun, pedagang cenderung mengurangi jumlah barang yang mereka tawarka. Hal ini terjadi karena porsentase keuntungan dari penjulaan yang ikut menurun menyebabkan para pedagang mengurangi stok mereka walaupun permintaan meningkat. Akan tetapi ketika harga jeruk meningkat, pedagang akan menambah stok mereka karena disertai dengan porsentase keuntungan yang ikut meningkat pula. Para pedagang akan meningkatkan penawaran mereka dan berusaha agar barang mereka laku terjual agar memperoleh keuntungan yang besar.

Berikutnya tentang kurva permintaan,......

Sumber :
  • Anwar, Khoirul. Pelajaran IPS Ekonomi Bilingual. Cet. I. Bandung : Yrama Widya, 2009
  • Mulyati, sri Nur dan Mahfudz, Agus dan Permana, Leni. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template