Rabu, 03 Juli 2013

Kesehatan Lingkungan


Kesehatan Lingkungan
Dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan kita tidak terlepas dari faktor lingkungan di sekitar tempat kita tinggal, terutama hal yang menyangkut kesehatan lingkungan. Kenapa? Karena tinggi rendahnya kesehatan lingkungan sekitar tempat kita tinggal juga turut andil memberikan pengaruh pada kesehatan diri pribadi dan juga anggota keluarga lainnya. Karena itulah kita sering mendapatkan atau menemukan himbauan dari kampanye-kampanye yang mengajak masyarakat untuk ikut menjaga kesehata lingkungan.
Bayangkan saja jika kesehatan lingkungan disekitar kita tidak terjaga, berbagai macam hal dapat terjadi dan berbagai macam jenis penyakit juga akan menghampiri kita. Misalkan tidak terjaganya kebersihan lingkungan disekitar kita seperti menumpuknya sampah, tidak lancarnya saluran pembuangan berupa got atau kali, serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat dan membedakan temapt untuk MCK (Mandi-Cuci-Kakus). Hal-hal seperti ini tentu saja dapat mengganggu keadaan kesehatan lingkungan.
Terganggunya kondisi kesehatan lingkungan dapat menjadi sumber sarang penyakit, seperti diare, tifus dan berbagai macam penyakit lainnya. Bayangkan saja jika terdapat sampah yang menumpuk, dan area tersebut berada dekat dengan pemukiman tinggalnya warga. Lalat-lalat yang mengerubungi sampah tersebut bukannya tidak mungkin masuk ke dalam rumah, dan hinggap pada makanan yang sedang tersaji. Tentu saja hewan ini membawa bibit penyakit, yang kelak akan membawa dampak buruk pada kesehatan kita dan anggota keluarga lainnya. Seringkali kita membaca berita terdapat satu daerah yang diserang oleh penyakit endemik dan hampir keseluruhan masyarakatnya terkena jenis penyakit yang sama. Hal ini adalah salah satu contoh akibat yang ditimbulkan dari tidak terjaganya kesehatan lingkungan sekitar dengan baik.
Pada dasarnya, proses dan cara untuk menjaga kesehatan lingkungan di sekitar kita bukanlah suatu hal yang sulit dan membutuhkan biaya yang mahal dan besar. Menjaga kesehatan lingkung sekitar bisa dimulai dari hal yang paling kecil dan paling mudah. Misalkan, menerapkan kepada diri sendiri untuk menjaga kebersihan diri pribadi, seperti patuh untuk membuang sampah pada tempatnya. Terkadang rasa malas memang menyerang diri kita sendiri, terutama ketika kita mengkonsumsi suatu makanan dan letak tempat pembuangan sampah cukup jauh. Seringkali kita kalah oleh rasa malas itu dan memutuskan untuk membuang begitu saja sampah dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini tentu saja menjadi pengganggu dalam usaha menjaga kesehatan lingkungan.

Cara lain seperti rutin membersihkan lingkungan disekitar rumah, mulai membersihkan saluran pembuangan/got di sekitar rumah. Hal ini bisa dilakukan seperti membersihkan got dari sampah-sampah yang menghalangi aliran air pembuangan. Karena jika aliran air tidak lancar, maka akan menimbulkan genangan, yang dapat menjadi sarang bagi nyamuk untuk berkembang biak. Hal ini juga berlaku untuk barang-barang yang tidak terpakai, seperti panic bekas, ember bekas atau barang-barang lain yang dapat menampung air. Kita bisa mengubur barang-barang ini, mengubah fungsinya untuk keperluan lain atau menjualnya kepada tukang rombeng. Usaha-usaha skala kecil ini dapat turut membantu usaha menjaga kesehatan lingkungan.
Jika kita sudah mampu menjaga kesehatan lingkungan sekitar kita dari skala yang kecil, maka otomatis untuk menjaga kesehatan lingkungan dalam skala yang lebih besar dapat dengan mudah dilaksanakan. Kesadaran untuk menjaga kesehatan lingkungan secara ototmatis juga akan timbul dan tertanam kuat di dalam diri kita pribadi. Mengajarkan kepada anak agar turut serta menjaga kesehatan lingkungan juga dapat menjadi salah satu usaha untuk menajga kesehatan lingkungan. Karena anak adalah sosok yang sangat mudah menyerap suatu ilmu dan informasi, maka mengajarkan mereka untuk ikut andil menjaga lingkungan adalah salah satu cara terbaik.
Itulah kenapa menjaga kesehatan lingkungan adalah hal yang sangat sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Kita tentunya tidak ingin jika kesehatan diri terganggun yang dpaat berujung kepada terganggunya aktivitas sehari-hari. Belum lagi jika terkena penyakit yang parah dan akhirnya membutuhkan pengobatan di rumah sakit, tentu saja kita harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk proses penyembuhannya. Karena itu, alangkah baiknya mulai dari sekarang ikut dan aktif menjaga kesehatan lingkungan tempat tinggal maupun kesehatan lingkungan di sekitar kita.
 http://kesehatan-indo.blogspot.com/2012/11/kesehatan-lingkungan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template