Selasa, 02 Juli 2013

Makalah Pengantar Komputer dan TI 1B


BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Di era globalisasi ini,perkembangan teknologi informasi berperan penting dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Teknologi informasi yang terus berkembang sampai sekarang ini adalah mobile phone. Dahulu mobile phone hanya bisa di gunakan untuk komunikasi suara antar manusia. Tetapi sekarang kemampuan mobile phone sudah sangat canggih, dimana yang dulunya hanya bisa di lakukan oleh kpmputer sekarang dapat di lakukan oleh mobile phone. Mobile phone jenis ini di kenal oleh masyarakat lias dengan sebutan smart phone.
Salah satu sistem operasi mobile yang dilakukan oleh smart phon adalah android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk smart phone berbasis linux. Salah satu kelebihan android di bandingsistem operasi smart phone lainnya adalah android bersifat open source code sehingga orang-orang dapat kustomasi fitur-fitur yang belum ada di sistem operasi android sesuai dengan keinginan mereka.

Kemampuan android menjadi hampir tidak terbatas karena banyak orang mengembangkan source code android. Apa yang dulu hanya bisa dilakukan oleh komputer kini dapat di lakukan oleh android sehingga android membuat segala pekerjaan yang di lakukan oleh komputer dapat di lakukan oleh mobile.

Pekembangan dunia komputer yang pesat juga membuat berbagai teknologi yang dapat di jangkau oleh masyakat luas, seperti contoh security camera memberikan rasa aman pada manusia karena untuk memantau dan mengawasi sesuatu, manusia tidak perlu ada di tempat tetapi cukup dengan meihat komputer yang terhubung dengan security camera. Dahu untuk mengakses security camera di perlukan sebuah komputer khusus yang berukuran agak besar dan harganya mahal. Tetapi sekarang securty camera dapat di akses dengan komputer biasa.

Permasalahan kembali muncul karena komputer dianggap terlalu besar ukurannya sehingga pengguna security camera menjadi kurang praktis. Permasalahan tersebut dapat di atasi dengan menggunakan android yang berfungsi sebagai pengontrol webcam sehingga manusia dapat melakukan pemantauan secara mobile.

1.2              Rumusan Masalah
1.2.1                    Bagaimana sejarah perkembangan Sistem Operasi Android?
1.2.2                    Apa saja fitur yang terdapat di Sistem Operasi Android?
1.2.3                    Apa saja kelebihan dan kelemahan Sistem Operasi Android?
1.2.4                    Apa saja jenis dari Sistem Operasi Android?

1.3              Tujuan Penelitian
1.3.1                    Untuk memberikan informasi kepada khalayak umum mengenai sistem operasi android
1.3.2                    Sebagai syarat dalam pemenuhan tugas Pengantar Komputer dan Teknologi Informasi 1B
1.3.3                    Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi android
1.3.4                    Untuk mengetahui berbagai macam versi yang dikeluarkan oleh Sistem Operasi Android

1.4              Manfaat Penelitian
1.4.1                    Agar menambah pengetahuan tentang sistem operasi modern yakni android
1.4.2                    Agarmemudahkan user dalam menggunakan Sistem Operasi Android
1.4.3                    Agar user dapat mengaplikasikan seluruh fitur dan layanan yang terdapat dalam Sistem Operasi Android

BAB II
ISI

2.1       Dasar Teori
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux.Android
menyediakan platformyang bersifat open source bagi para pengembang untukmenciptakan sebuah aplikasi.Awalnya, Google Inc. mengakuisi Android Inc. yangmengembangkan software untuk ponselyang berada di Palo Alto, California AmerikaSerikat. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open HandsetAlliance, yaitu konsorsium dari 34 perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi,termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yangdirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.


2.2       Sejarah Sistem Operasi Android
Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android dimulai dari sini.
Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

Pada bulan November 2007, terbentuklan Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan : Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments. Mereka sepakat untuk membuat open standart bagi mobile phone.Pada hari yang sama, mereka mengumumkan produk pertama mereka, yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6.

Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu : ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi untuk mobile phone.

2.3       Pengertian Sistem Operasi Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler dan komputer tablet yang berbasis Linux. Sistem operasi Android dimiliki oleh Google Inc selaku perusahaan raksasa. Bersama dengan sekitar 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi seperti HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

2.4       Kelebihan Sistem Operasi Android
1.         Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bias dikembangkan siapa saja
2.         Didukung penuh oleh Google Inc.  Sehingga dapat menikmati semua layanan yang terdapat dalam Google Inc. seperti Gmail, Youtube, dan fasilitas Google Inc. lainnya.
3.         Akses mudah ke Android App Market
4.         Aman dari virus karena berbasis linux (kernel 2.6).
5.         Aplikasi game 3D sangat stabil.
6.         Konektivitas lengkap, seperti Bluetooth, wifi, dan GPS.
7.         Multitasking , bisa menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu.
8.         Mudah dalam hal notifikasi
9.         Setting yang mudah

2.5       Kelemahan Sistem Operasi Android
   1.         Selalu terhubung dengan koneksi internet
   2.         Perusahaan perangkat kadang lambat dalam mengeluarkan versi resmi dari
Android
   3.         Android App Market kurang kontrol dari pengelola, terkadang masih
terdapat malware
   4.         Karena gratis dan mudah sering terdapat iklan di aplikasi aplikasi yang
terdapat di Android
   5.         Boros baterai






2.6       Jenis Sistem Operasi Android
2.6.1    Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2.6.2    Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake).
Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

2.6.3    Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN.

Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.





2.6.4    Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.
2.6.5    Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.








2.6.6    Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.







2.6.7    Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet.

Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.





2.6.8    Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah,

jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galxy Nexus.

2.6.9    Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.
Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
2.7       Fitur Sistem Operasi Android
Fitur yang tersedia pada sistem operasi Android adalah:
1.      Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
2.      Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
3.      Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
4.      SQLite: untuk penyimpanan data.
5.      Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
6.      GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
7.      Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)











BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
Android memiliki berbagai keunggulan sebagai piranti lunak yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmailGmail, Google Maps, dan Google Calendar.
Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.

3.2       Saran
Android merupakan sistem aplikasi modern yang memiliki kemudahan dalam penggunaanya dan dinilai sebagai Operating System yang dapat bekerja dengan stabil,cepat dan kuat untuk semua aplikasi,termasuk game 3D.Tentunya ini menjadikan pilihan bagi pengguna yang menginginkan kemudahan komputasi dalam satu genggaman, seperti mengggunakan ponsel dengan kemampuan sama dengan sebuah PC.

                                   

DAFTAR PUSTAKA


http://www.gadgeds.info/2012/01/kelebihan-dan-kekurangan-android.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template