Rabu, 14 November 2012

Tugas 2 : Opini Bisnis Internasional


OPINI BISNIS INTERNASIONAL
(McDonald’s)

McDonald adalah salah satu perusahaan yang bergerak di industri makanan siap saji yang paling sukses saat ini. Restoran cepat saji itu dibangun sejak tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia hingga  mampu bertahan dan bertambah banyak hingga sampai saat ini.
 Perusahaan industri makanan cepat saji tersebut bukan hanya dapat menguasai pasar, namun telah mampu membidik pasarnya secara tepat sasaran dengan berbasis pada costumernya.
Hal ini dapat saya katakan karena McDonald’s telah dapat mencapai visi yang mereka buat  yaitu “To be the world’s best quick service restaurant experience” (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik diseluruh dunia).
Hal itu dapat saya nilai karena saya berpendapat dari berbagai segi yang diniliki oleh McDonald’s yaitu :
Pertama, bagi pihak McDonald’snya sendiri, menjadi terbaik karena sudah dapat memiliki lebih dari 32.000 outlet cabang perusahaan yang keseluruhannya tersebar didunia yang ditempatkan di wilayah strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen, memiliki pengakuan atas merk (brand recognition), Memiliki tingkat angka investasi yang tinggi, perputaran modal yang tiada henti, harga saham McDonald’s yang selalu meningkat hal ini dikarenakan menurut saya produk Mc Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai negara, sehingga keberadaannya dapat dipercaya dan dihargai diseluruh dunia.
Kedua, bagi pihak pelanggan memberikan pelayanan terbaik, hal ini saya katakan karena McDonald’s melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dikarenakan pelayan diberi pelatihan di Hamburger University maka tidak mengherankan jika kita sedang ingin memesan pasti pelayan menyapa kita dengan hangat, ramah serta selalu tersenyum.
Kemudian pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's, karena McDonald's menawarkan menu yang berbeda-beda di berbagai negara.
Misalnya saja di Indonesia McDonald’s menawarkan menu ayam goreng tepung, nasi serta paket hemat lainnya yang harganya sangat terjangkau apalagi untuk ukuran dompet mahasiswa. Di Norwegia terdapat McLaks yaitu sandwich salmon, di India terdapat Maharaja Macs dengan daging kambing dan McDonald’s juga memberikan pelayanan Delivery Order dengan menelpon 14045.
Ketiga, bagi karyawannya menjadi terbaik karena menurut saya McDonald’s memberikan peluang lapangan pekerjaan, mengurangi jumlah angka pengangguran, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan hal ini dibuktikan dengan dengan dibentuknya “Hamburger University” yang diperuntukkan sebagai tempat pelatihan yang profesional bagi  para karyawan agar dapat melayani pelanggannya dengan baik dan sempurna.



Keempat, bagi Mitra Usaha menjadi terbaik karena hadirnya McDonald bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's disamping banyaknya pesaing mcdonald yang sudah ada terlebih dahulu seperti Kentucky Fried Chicken (KFC), Texas Fried Chicken (Texas), dan California Fried Chicken (CFC),  yang sudah memiliki konsumen royal masing-masing namun hal ini tidak urung membuat McDonald takut untuk bersaing maju.
Kelima, bagi negara yang ditempati McDonald juga dapat menikmati dampak positif dari hadirnya perusahaan indrustri makanan cepat saji ini yaitu dengan adanya penanaman modal asing yang dapat menambahkan devisa bagi negara tersebut dan satu lagi yang menguntungkan negara tersebut yakni mendapatkan pemasukan pajak yang tentunya andil dalam menambahkan dana untuk infrastruktur negara serta mendukung pembangunan nasional yaitu turut serta dalam pengurangan angka penggaguran, kemudian dampak positifnya lagi yaitu hadirnya McDonald pun justru tidak mematikan usaha-usaha local malah justru hadirnya McDonald’s menjadi stimulus timbulnya persaingan bagi usaha-usaha lokal sejenis untuk dapat menghasilkan produk yang lokal namun rasa dan kualitas internasional. Terbukti saat ini sudah banyak usaha-usaha lokal yang sudah dapat eksis seperti Klenger Burger, Edam Burger, Burger King, Kebab Baba Rafi dan masih banyak lagi yang dapat merangsang pertumbuhan usaha lokal.
Disamping dari itu, menurut saya ada salah satu sisi lagi yang dimiliki McDonald’s yang dapat dijadikan kekuatan bagi McDonald’s yaitu McDonald’s  telah mencapai keberhasilannya karena merupakan Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang dan perusahaan karena menggunakan struktur organisasi lini atau garis yang saya ketahui jika struktur organisasi garis mengenal suatu komando, sehingga tiap-tiap tugas dalam organisasi hanya mengenal satu pemimpin. Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih terjamin.
Kemudian, kesuksesannya dalam periklanannya baik didukung promosi melalui televisi advertisement, radio advertisement dan print advertisement dengan kata “I’m Loving It” dalam setiap pemasarannya sehingga menurut saya secara tidak langsung jika para pelanggan mendengar kata “I’m Loving It” pasti langsung ingat kepada McDonald’s.
Dengan diketahuinya bagaimana manajemen dan strategi pemasaran yang digunakan oleh McDonald’s maka menurut saya hal ini bermanfaat bagi masyarakat pribadi, karena hal ini dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang manajemen dan pemasaran ditambah lagi dengan perluasan jaringan kerja.
Dibalik dari kesuksesan dan penampilan sempurna McDonald’s, Menurut saya perusahaan industri makanan cepat saji tersebut tidak terlepas dari sisi kelemahan misalnya saja harga yang kurang kompetitif(yang terlalu terjangkau), sehingga dapat mengurangi kemampuan perusahaan lain untuk meningkatkan pendapatan kemudian pendapat saya lainnya yaitu kehadiran McDonald’s telah dapat mengubah pola hidup masyarakat menjadi konsumtif dan pola hidup tidak sehat karena dapat secara jelas diketahui jika produk yang ditawarkan oleh McDonald’s merupakan produk makanan cepat saji yang tentunya dapat mempengaruhi kesehatan konsumen jika dikonsumsi secara berlebihan, masyarakat akan saling berlomba-lomba dalam mengomsumsi produk dari restoran cepat saji tersebut untuk dapat menunjukkan strata sosial mereka dalam kehidupan bermasyarakat.
Namun perihal kesuksesan McDonald’s yang telah saya tanggapi diatas  itu semua dapat menutupi sedikit sisi kelemahan yang dimiliki oleh McDonald’s.
Oleh dari itu tidaklah mengherankan dan diragukan lagi jika McDonald's merupakan Pemimpin Pasar (Market Leader) baik secara domestik maupun internasional yang  dapat dijadikan sebagai simbol globalisasi dan sebagai perusahaan yang sudah mapan dalam menanggapi memenuhi tuntutan perubahan global baik dari segi competitor maupun keinginan konsumen .



0 komentar:

Posting Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template