OPINI
BISNIS INTERNASIONAL
(McDonald’s)
McDonald adalah
salah satu perusahaan yang bergerak di industri makanan siap saji yang paling
sukses saat ini. Restoran cepat saji itu dibangun sejak tahun 1940 oleh dua
bersaudara Dick
dan Mac McDonald, namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc
dan diperluas ke seluruh dunia
hingga mampu bertahan dan bertambah banyak hingga sampai
saat ini.
Perusahaan industri makanan cepat saji
tersebut bukan hanya dapat menguasai pasar, namun telah mampu membidik pasarnya
secara tepat sasaran dengan berbasis pada costumernya.
Hal ini dapat
saya katakan karena McDonald’s telah dapat mencapai visi yang mereka buat yaitu “To be the world’s best quick service
restaurant experience” (Menjadi restoran cepat saji yang paling
berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik diseluruh dunia).
Hal itu dapat saya
nilai karena saya berpendapat dari berbagai segi yang diniliki oleh McDonald’s yaitu
:
Pertama,
bagi pihak McDonald’snya sendiri, menjadi terbaik karena sudah dapat memiliki
lebih dari 32.000 outlet cabang perusahaan yang keseluruhannya tersebar didunia
yang ditempatkan di wilayah strategis dan
mudah dijangkau oleh konsumen, memiliki pengakuan atas merk
(brand recognition), Memiliki tingkat angka investasi yang tinggi, perputaran
modal yang tiada henti, harga saham McDonald’s yang selalu meningkat hal ini
dikarenakan menurut saya produk
Mc Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai negara,
sehingga
keberadaannya dapat dipercaya dan dihargai diseluruh dunia.
Kedua,
bagi pihak pelanggan memberikan pelayanan terbaik, hal ini saya katakan karena
McDonald’s melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dikarenakan pelayan
diberi pelatihan di Hamburger University maka tidak mengherankan jika kita
sedang ingin memesan pasti pelayan menyapa kita dengan hangat, ramah serta
selalu tersenyum.
Kemudian pelanggan
dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap
kunjungan mereka di seluruh McDonald's, karena McDonald's
menawarkan menu yang berbeda-beda di berbagai negara.
Misalnya saja di Indonesia McDonald’s menawarkan menu ayam
goreng tepung, nasi serta paket hemat lainnya yang harganya sangat terjangkau
apalagi untuk ukuran dompet mahasiswa. Di Norwegia terdapat
McLaks yaitu sandwich salmon, di India
terdapat
Maharaja Macs dengan daging kambing dan McDonald’s juga memberikan pelayanan Delivery Order dengan menelpon 14045.
Ketiga,
bagi karyawannya menjadi terbaik karena menurut saya McDonald’s memberikan
peluang lapangan pekerjaan, mengurangi jumlah angka pengangguran, kompensasi
kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti
bagi seluruh karyawan hal ini dibuktikan dengan dengan dibentuknya “Hamburger University”
yang diperuntukkan sebagai tempat pelatihan yang profesional bagi para karyawan agar dapat melayani
pelanggannya dengan baik dan sempurna.
Keempat,
bagi
Mitra Usaha menjadi terbaik karena hadirnya McDonald bekerja sama dengan
organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The
Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan
mempertahankan kepemimpinan McDonald's disamping banyaknya pesaing mcdonald
yang sudah ada terlebih dahulu seperti Kentucky Fried Chicken (KFC), Texas Fried Chicken (Texas),
dan California Fried Chicken (CFC), yang
sudah memiliki konsumen royal masing-masing namun hal ini tidak urung membuat
McDonald takut untuk bersaing maju.
Kelima,
bagi
negara yang ditempati McDonald juga dapat menikmati dampak positif dari
hadirnya perusahaan indrustri makanan cepat saji ini yaitu dengan adanya
penanaman modal
asing yang dapat menambahkan devisa bagi negara tersebut dan satu lagi yang
menguntungkan negara tersebut yakni mendapatkan pemasukan pajak yang tentunya
andil dalam menambahkan dana untuk infrastruktur negara serta mendukung
pembangunan nasional yaitu turut serta dalam pengurangan angka penggaguran,
kemudian dampak positifnya lagi yaitu hadirnya McDonald pun justru tidak
mematikan usaha-usaha local malah justru hadirnya McDonald’s menjadi stimulus
timbulnya persaingan bagi usaha-usaha lokal sejenis untuk dapat menghasilkan
produk yang lokal namun rasa dan kualitas internasional. Terbukti saat ini
sudah banyak usaha-usaha lokal yang sudah dapat eksis seperti Klenger Burger,
Edam Burger, Burger King, Kebab Baba Rafi dan masih banyak lagi yang dapat
merangsang pertumbuhan usaha lokal.
Disamping dari itu, menurut saya ada salah satu sisi lagi
yang dimiliki McDonald’s yang dapat dijadikan kekuatan bagi McDonald’s yaitu
McDonald’s telah mencapai
keberhasilannya karena merupakan Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang
baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang dan perusahaan karena menggunakan
struktur organisasi lini atau garis yang saya ketahui jika struktur organisasi garis mengenal
suatu komando, sehingga tiap-tiap tugas dalam organisasi hanya mengenal satu
pemimpin. Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih terjamin.
Kemudian,
kesuksesannya dalam periklanannya
baik didukung promosi melalui televisi advertisement, radio advertisement dan
print advertisement dengan kata “I’m Loving It” dalam setiap pemasarannya
sehingga menurut saya secara tidak langsung jika para pelanggan mendengar kata “I’m
Loving It” pasti langsung ingat kepada McDonald’s.
Dengan
diketahuinya bagaimana manajemen dan strategi pemasaran yang digunakan oleh
McDonald’s maka menurut saya hal ini bermanfaat bagi masyarakat pribadi, karena
hal ini dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang manajemen dan
pemasaran ditambah lagi dengan perluasan jaringan kerja.
Dibalik dari kesuksesan dan penampilan sempurna McDonald’s,
Menurut saya perusahaan industri makanan cepat saji tersebut tidak terlepas
dari sisi kelemahan misalnya saja harga yang kurang kompetitif(yang terlalu
terjangkau), sehingga dapat mengurangi kemampuan perusahaan lain untuk
meningkatkan pendapatan kemudian pendapat saya lainnya yaitu kehadiran
McDonald’s telah dapat mengubah pola hidup masyarakat menjadi konsumtif dan
pola hidup tidak sehat karena dapat secara jelas diketahui jika produk yang
ditawarkan oleh McDonald’s merupakan produk makanan cepat saji yang tentunya
dapat mempengaruhi kesehatan konsumen jika dikonsumsi secara berlebihan,
masyarakat akan saling berlomba-lomba dalam mengomsumsi produk dari restoran
cepat saji tersebut untuk dapat menunjukkan strata sosial mereka dalam kehidupan
bermasyarakat.
Namun perihal kesuksesan McDonald’s yang telah saya tanggapi
diatas itu semua dapat menutupi sedikit
sisi kelemahan yang dimiliki oleh McDonald’s.
Oleh dari itu tidaklah mengherankan dan diragukan lagi jika McDonald's merupakan Pemimpin Pasar (Market Leader) baik
secara domestik maupun internasional yang
dapat dijadikan sebagai simbol globalisasi
dan sebagai perusahaan yang sudah mapan dalam menanggapi memenuhi tuntutan
perubahan global baik dari segi competitor maupun keinginan konsumen .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar