Teori Ekonomi 1
Analisis Jurnal Ilmiah dengan Tema Ekonomi
Disusun Oleh:
1.
Anyssa Riyan Puteri (21212010)
2.
Dini Labibah (22212196)
3.
Eka Vidiaztuti Untari (22212420)
4.
Noor Mutia (25212366)
5.
Trisna Nugraha Pamungkas (27212481)
Laporan yang
Disusun untuk Memenuhi Tugas Teori Ekonomi 1
mengenai Analisis Jurnal Ilmiah dengan Tema Ekonomi
Dosen:
Dr. Prihantoro
SMAK’6
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
Analisis
Jurnal mengenai Gross Domestic Product (GDP)
Judul : Dampak Biaya Modal Manusia pada
Produk Domestik Bruto (PDB) di Nigeria
Nama
Pengarang:
-
Sunday O. Effiok
Department
of Accounting, Faculty of Management Sciences, University of Calabar
-
Arzizeh Tiesieh Tapang
Department
of Accounting, Faculty of Management Sciences, University Of Calabar
-
Okon E. Eton
Department
of Accounting, University of Port Harcourt, Port Harcourt, Rivers State,
Nigeria
Tahun : 13 Oktober 2012
Penerbit : International Journal of Financial
Research
Latar Belakang
dan Masalah
Ø Dasar
Pemikiran
Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan sejauh mana biaya modal manusia mempengaruhi produk domestik bruto
di Nigeria .
Sampai saat ini, sumber daya
manusia diperlakukan sebagai beban dan dihapuskan pada akun laba dan rugi .
Pengakuan itu ada diberikan kepada keterampilan tenaga kerja dalam akuntansi
sumber daya manusia dan baru-baru ini pada modal intelektual . Penelitian ini
mengadopsi desain survei untuk penelitian. Data yang terkumpul ditabulasi dan
dianalisis dengan menggunakan Ordinary Least Square ( OLS ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
biaya modal manusia dicerminkan oleh akuisisi , pengembangan , remunerasi dan
perlindungan biaya yang dilakukan untuk mempengaruhi produk domestik bruto
secara signifikan di Nigeria. Studi ini merekomendasikan bahwa ada kebutuhan
mendesak untuk instalasi dan pemeliharaan manajemen kualitas total di Nigeria guna
memungkinkan tetap kompetitif di pasar global. Hal ini karena pendidikan,
pelatihan dan pengembangan karyawan adalah kendaraan utama untuk membangun ekonomi
dan kemampuan karyawan. Akhirnya , pemerintah harus mencoba untuk memahami dan
menghargai nilai modal manusia karena merupakan faktor penentu yang paling
penting untuk menjadi sukses.
Lingkungan ekonomi telah bergeser
dari industri berbasis dengan fokus pada aset fisik seperti pabrik , mesin dan
peralatan untuk teknologi , informasi dan inovasi berbasis lingkungan yang
tinggi dengan fokus pada keahlian , bakat , kreativitas, keterampilan dan
pengalaman orang-orang (human capital) perusahaan. Hal ini karena setiap bisnis
memerlukan aset fisik serta sumber daya manusia untuk keberhasilannya . Tanpa
sumber daya manusia, aset fisik seperti tanah, bangunan , tanaman , mesin dan
bahkan gadget elektronik menjadi tidak produktif . Oleh karena itu ,
keberhasilan organisasi ini tergantung pada kualitas sumber daya manusia mereka.
Ø Motivasi
Penelititan
Dalam jurnal penelitian ini,
peneliti ingin mengetahui sejauh mana biaya modal manusia mempengaruhi domestik
bruto produk. Oleh karena itu, tujuan khusus dari penelitian ini meliputi :
1.
Untuk mengetahui sejauh
mana biaya perolehan mempengaruhi produk domestik bruto .
2.
Untuk menentukan sejauh
mana biaya pembangunan mempengaruhi produk domestik bruto .
3.
Untuk menentukan sejauh
mana biaya remunerasi mempengaruhi produk domestik bruto.
4.
Untuk menentukan sejauh
mana biaya perlindungan mempengaruhi produk domestik bruto .
Untuk menindaklanjuti dari tujuan
peneliti, maka dibuatlah beberapa dugaan sementara atau hipetesis sebagai
berikut:
1)
Ho: Harga perolehan tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
2)
Ho: Pengembangan biaya tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
3)
Ho: Biaya remunerasi tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
4) Ho: Biaya Perlindungan tidak signifikan
mempengaruhi produk domestik bruto.
Desain penelitian yang digunakan
untuk penelitian ini adalah desain survei . Ini karena berusaha menjelaskan
modal manusia biaya dan dampaknya terhadap variabel ekonomi seperti Produk
Domestik Bruto ( PDB ) . Data diperoleh dari sumber-sumber sekunder seperti
Bank Sentral Nigeria ( CBN ) , buku teks , gazettes , publikasi dan internet .
Hasil dan
Analisis
Temuan
penelitian ini menunjukkan bahwa biaya akuisisi tidak mempengaruhi produk
domestik bruto . Hasil ini sejalan dengan temuan oleh Delaney dan Huselid (
1996 ) , Koch dan McGrath ( 1996 ) yang menemukan bahwa investasi diakuisisi
modal manusia cenderung memiliki dampak positif pada sejauh mana pembentukan
dalam mengembangkan keterampilan / pengetahuan karyawannya . Penelitian ini
juga mengungkapkan bahwa biaya pembangunan sangat dan signifikan terkait dengan
produk domestik bruto di Nigeria . Hasil ini sangat didukung oleh MacDuffie (1995
) yang menemukan bahwa hubungan positif telah ditetapkan antara pelatihan
karyawan dan domestik bruto produk .
Penelitian
ini mengungkapkan bahwa biaya remunerasi tidak signifikan mempengaruhi produk
domestik bruto di Nigeria . Temuan ini konsisten dengan temuan dari Shou - yi (
2004) yang menemukan bahwa jika suatu Negara tidak membayar pekerjanya seperti
yang direkomendasikan oleh Kesejahteraan Karyawan dan Standar Akuntansi
Internasional Negara negatif memotivasi karyawan dan dengan demikian mereka
terikat untuk melakukan di bawah ekspektasi . Temuan penelitian ini juga
menunjukkan bahwa biaya perlindungan tidak mempengaruhi produk domestik bruto .
dilindungi
.
Kesimpulan
Sama
seperti bidang akuntansi sumber daya manusia yang telah berkembang secara global , bunga
yang signifikan dalam HRA telah diperluas dan menyeberang ke bidang lain selain
akuntansi termasuk ekonomi , manajemen organisasi dan organisasi budaya dan
penelitian terkait terinspirasi . Studi ini telah mengeksplorasi bagaimana
ukuran akuntansi sumber daya manusia digabungkan sistem pengukuran kinerja
perusahaan dapat membantu organisasi menentukan dan mengatur strategi untuk
sukses .
Manusia
dengan pendekatan biaya sumber daya untuk pengukuran kinerja perusahaan yang
telah mendapat perhatian yang cukup besar dan penggunaan dalam beberapa tahun
terakhir memberikan peluang lebih lanjut untuk pemanfaatan ukuran akuntansi
sumber daya manusia . Banyak penelitian telah berusaha untuk menunjukkan
hubungan antara sumber daya manusia dan kinerja . Kami percaya bahwa walaupun
kasus ini tidak kedap air, karena sejumlah alasan metodologis , bobot bukti
yang mulai terlihat menarik .
Setelah
mempertimbangkan temuan dari data yang dianalisis dan kesimpulan penelitian, Oleh
karena itu penelitian menyarankan bahwa:
Ada
kebutuhan mendesak untuk instalasi dan pemeliharaan manajemen kualitas total di
Nigeria untuk memungkinkan tetap kompetitif di pasar global . Hal ini karena
pendidikan, pelatihan dan pengembangan karyawan adalah hal yang utama dan
terpenting.
Analisis
Jurnal mengenai Gross National Product (GNP)
Judul : Estimasi Prewar Produk Nasional
Bruto: Matodologi dan Bukti Baru
Nama Pengarang: Nathan
S. Balke and Robert J. Gordon
Tahun : 16 Mei 2012
Penerbit : Journal of Political Economy, Vol. 97,
No. 1 (Feb., 1989), pp. 38-92
Latar Belakang
dan Masalah
Ø Dasar
Pemikiran
Penelitian ini mengembangkan
metedologi baru dalam estimasi preware Gross
National Product (GNP), karena sebelumnya tidak menggunakan data dan
mengembangkan estimasi baru pasangan untuk periode 1869-1908 dan 1869-1928.
Yang baru diantaranya sumber data utama adalah tindakan langsung dari output,
komunikasi, sektor konstruksi, dan perkiraan indeks harga konsumen. Ini
merupakan langkah nyata baru dari GNP, GNP Nominal, dan GNP tolok ukur yang
dikembangkan. Pemikiran baru dari penelitian ini adalah rata-rata sebagian naik
pada siklus usaha tradisional seperti seri Kznets-Kendrick, akan tetapi
mempersuram amplitudo bari beberapa putaran sementara dan menaikkan amplitudo
dari orang lain.
Dalam penelitian ini, peneliti
membandingkan alternatif pendekatan “compo-nents” dan “indikator” untuk backasting GNP nyata sebelum batas tanggal, misalnya pada
tahun 1909. Peneliti menunjukkan informasi ini berdasarkan dari metode
informasi yang tersedia. Peneliti mengembangkan bagian perkiraan empiris baru
dari GNP nyata oleh kedua metode komponen dan indikator untuk periode 1869-1908.
Perkiraan ini melebihi pendapat
dari Kuznets, Gallman, Kendrick,
dan Romer, yaitu membagi kedalam tiga arah. Pertama, tidak seperti penelitian
sebelumnya yang mengembangkan estimasi output non komoditi sepenuhnya
diasumsikan bahwa rasio atau regresi hubungan untuk komoditi produksi. Kedua,
peneliti dan komponen indikator nyata darri perkiraan GNP untuk mengambil
keuntungan dari penulisan Hoover (1960) dan Rees (1961) pada harga yang
sebenarnya dibayar oleh konsumen selama periode sebelum Perang Dunia I. Ketiga,
karena tidak ada perkiraan sebelumnya mengenai penurunan GNP sebelum 1919 telah
membuat penggunaan studi indeks harga konsumen
Hoover-Rees. Peneliti mengambangkan perkiraan baru mengenai penurunan
GNP dan time series tersirat dari GNP nominal untuk melengkapi GNP
riil seri selanjutnya.
Ø Motivasi
Penelititan
Dalam tulisan ini peneliti mengambil batas tahun 1909 , tugas peneliti
adalah estimasi GNP riil per tahun untuk periode 1869-1909 . Yang penting penyederhanaan
perlakuan kita terhadap kualitas data pasca – 1909 sebagai homogen , sehingga
mengabaikan perbaikan bertahap yang terjadi antara 1909 dan 1929. Masalah
spesifik dalam mengembangkan perkiraan GNP riil untuk periode sebelum 1909 bahwa
data hilang untuk sebagian besar sektor non - komoditas penghasil , khususnya perdagangan
dan jasa .
Himpunan data yang
tersedia untuk digunakan dalam memecahkan masalah ini inferensi dapat
diklasifikasikan sebagai " komponen " atau " indikator . "
Sebuah komponen adalah variabel yang merupakan elemen yang sebenarnya GNP riil
, seperti pertanian atau output manufaktur . Indikatornya adalah variabel
time-series yang berkorelasi dengan GNP riil dalam jangka waktu postborderline
ketika nyata GNP diasumsikan diketahui . Contoh indikator meliputi indeks
produksi industri , tingkat pengangguran , jumlah izin bangunan , dan ton-mil dari lalu lintas
kereta api . Beberapa variabel , seperti output manufaktur , dapat menjadi
komponen GNP riil dan juga indikator , yaitu, berhubungan dengan GNP riil
agregat setelah tanggal batas . Variabel lain , seperti hasil pertanian ,
mungkin menjadi komponen GNP riil tapi bukan indikator , memiliki korelasi yang
rendah dengan GNP riil agregat setelah tanggal batas .
Ini klasifikasi data
yang tersedia ke dalam komponen dan indikator menyediakan cara yang nyaman
konseptualisasi isu yang terlibat dalam memperkirakan GNP riil preborderline .
Komponen metode memperkirakan GNP melibatkan mendapatkan perkiraan berbagai
komponen GNP baik secara langsung maupun tidak langsung dan menambahkan mereka
bersama-sama . Ini metode yang digunakan oleh Kuznets untuk mendapatkan nya
estimasi GNP asli.
Sementara ia
menggunakan rasio diasumsikan untuk mengembangkan estimasi tidak langsung dari hilang
sektor keluaran nonkomoditas atas dasar perilaku yang dikenal output komoditas
, alternatif tingkat output di sektor yang hilang dapat diperkirakan dengan analisis
regresi , menggunakan sebagai variabel penjelas perilaku satu atau lebih
indikator dalam periode postborderline . Keuntungan dari metode komponen adalah
bahwa informasi langsung pada tingkat GNP riil digunakan untuk sejauh dari data
yang tersedia , dan perubahan struktur ekonomi di preborderline periode secara
otomatis ditangkap sebagai bobot dari berbagai komponen berubah melalui waktu .
Sebuah kemungkinan kerugian metode komponen adalah bahwa mungkin ada kesalahan
pengukuran data pada satu atau lebih komponen individu, tetapi pengukuran kesalahan
dapat mencemari indikator metode dengan cara yang sama . Metode Indikator
melibatkan estimasi regresi agregat GNP riil pada satu set dari satu atau lebih
variabel (yang dapat komponen atau indikator ) untuk periode estimasi dan
postborderline menerapkan hubungan ini dengan periode backcast preborderline .
Kuznets ini " seri regresi " adalah versi single- variabel indikator metode
, berdasarkan penggunaan output komoditas sebagai satu-satunya indikator .
Kesimpulan
Penelitian ini telah mengembangkan
perkiraan baru GNP riil , nominal PDB , dan deflator GNP untuk periode
1869-1928 . Perkiraan kami melampaui karya sebelumnya Kuznets , Kendrick ,
GALLMAN , dan Romer oleh menggunakan tiga set informasi yang sebelumnya belum
pernah diterapkan dengan estimasi agregat GNP sebelum 1919. ini termasuk yang
terkait Hoover - Rees - Biro Statistik Tenaga Kerja CPI, terkait Frickey -
Kendrick indeks transportasi dan komunikasi output, dan indeks Gottlieb output
konstruksi. Tidak ada informasi dalam tiga set telah diciptakan untuk studi ini
, melainkan , setiap set diciptakan 20 tahun lalu atau lebih , dan kontribusi
kita memiliki berkunjung ke ekstrak dari set ini data implikasi baru yang ada
untuk perilaku GNP , baik riil dan nominal . Dalam menerapkan informasi baru
ini untuk estimasi sebelum perang GNP , kami telah membuat empat kontribusi
besar . Pertama , kami melengkapi pembahasan sebelumnya dari pendekatan
indikator berbasis regresi dengan menganalisa pendekatan komponen , yang
menggunakan statistik regresi untuk backcast komponen sisa dari GNP yang tidak
ada dasar data yang ada , saat menggunakan nilai yang sebenarnya dari komponen
yang datanya dilakukan ada. Kami menunjukkan bahwa pendekatan komponen membuat
lebih baik menggunakan data yang tersedia ketika ada perubahan sekuler dalam
saham GNP komponen utama . Meskipun kami menilai komponen metode untuk unggul
dalam teori , dalam praktek dua metode hasil kesimpulan hampir sama tentang
sebelum perang GNP volatilitas kami periode sampel . Kedua , penggunaan data
tambahan pada output sektoral secara substansial meningkatkan fit dari
persamaan regresi untuk 1909-1928 atau 1909-1938 dan menghilangkan masalah
korelasi serial residu yang jelas ketika variabel output komoditas tunggal
digunakan . Tidak ada sistematis Kecenderungan output backcast menjadi lebih
lemah bila tambahan variabel penjelas termasuk dalam persamaan regresi ,
mengejutkan hasil yang mencerminkan korelasi negatif antara komoditas dan
output konstruksi selama bagian dari periode backcast . Sebaliknya , penggunaan
variabel penjelas beberapa mengubah pola siklus bisnis diperkirakan sebelum
1909, meredam fluktuasi keluaran selama 1869-1876 dan 1880-1892 sementara
fluktuasi penguatan selama 1877-1879 dan 1901-6 . Ketiga , penggunaan Hoover -
Rees CPI seri membawa kita untuk berpendapat bahwa deflator implisit untuk Shaw
komoditas seri keluaran standar implausibly volatile, dan kita mengembangkan
alternatif backcast GNP riil seri di mana komponen konsumsi riil GNP dan komoditas
seri output redeflated oleh CPI . Untuk menghindari berlebihan ketergantungan
hasil kami pada tahap ini , GNP akhir nyata kita seri ini didasarkan pada
rata-rata yang dikembangkan dengan konvensional dan deflator alternatif. Keempat
, kami menggunakan seri CPI memungkinkan pengembangan baru estimasi deflator
GNP , berbeda dengan sebelumnya Kuznets deflator , yang didasarkan sepenuhnya
pada komponen harga grosir indeks dan , akan kembali dalam waktu , menjadi
lebih dan lebih tergantung pada harga barang mentah dan setengah jadi . Kami
GNP deflator baru kurang siklis stabil daripada deflator standar dan , di
samping itu, mengimbangi tingkat yang diperkirakan sebelumnya dari
nineteenthcentury akhir deflasi dan pemulihan selanjutnya harga antara 1896 dan
1914 .
Dikutip dari : http://piketty.pse.ens.fr/files/BalkeGordon1989.pdf
Analisis
Jurnal mengenai National Income (NI)
Judul : Pengeluaran Pemerintah dan
pendapatan nasional: Tes Kausalitas untuk Nigeria
Nama
Pengarang: Omoke Philip
Chimobi
Tahun : 2009
Penerbit : European Journal of Economic and
Political Studies
Latar Belakang
dan Masalah
Ø Dasar
Pemikiran
Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menguji arah kausalitas antara Pengeluaran
pemerintah dan Pendapatan Nasional di Nigeria menggunakan data tahunan untuk
periode 1970-2005. Ekonometrik metodologi yang digunakan adalah Kointegrasi dan
Uji kausalitas Granger. Pertama , sifat stasioneritas dari data dan urutan integrasi
data yang diuji menggunakan Augmented Dickey
- Fuller ( ADF ) dan ( PP ) uji Phillip - Perron . Kami menemukan bahwa
variabel yang dalam tingkat non - stasioner, tetapi stasioner pada perbedaan
pertama. Kami menerapkan Johansen multivariat pendekatan kointegrasi untuk
menguji hubungan jangka panjang antar variabel.
Hasil kami menunjukkan tidak ada
hubungan jangka panjang antara pengeluaran Pemerintah dan Pendapatan Nasional di
Nigeria . Uji kausalitas The Granger mengungkapkan bahwa kausalitas berjalan
dari Pengeluaran pemerintah terhadap Pendapatan Nasional . Hasil ini
menunjukkan bahwa pengeluaran Pemerintah
memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Nigeria .
Ø Motivasi
Penelititan
Tujuan utama dari penelitian ini
adalah untuk menguji arah kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan
pendapatan nasional di Nigeria. Jawaban atas pertanyaan apakah peningkatan
pengeluaran pemerintah adalah penyebab pertumbuhan ekonomi atau pertumbuhan
ekonomi adalah penyebab meningkatnya pengeluaran pemerintah terutama penting
bagi Nigeria di mana sektor publik menyerap relatif besar berbagi sumber daya
ekonomi negara.
Hubungan antara belanja publik dan
pendapatan nasional telah menjadi dua subyek proposisi bersaing . Yang pertama
dan yang lebih populer adalah hukum Wagner. Hukum Wagner mengusulkan bahwa ada
kecenderungan jangka panjang untuk belanja publik relatif tumbuh terhadap
beberapa agregat pendapatan nasional seperti Produk Domestik Bruto ( PDB ) .
Dengan kata lain , kausalitas hubungan antara belanja publik dan pendapatan
nasional berjalan dari pendapatan nasional untuk belanja publik . Kedua, proposisi
dikaitkan dengan Keynes . Keynes , pengeluaran publik adalah faktor eksogen dan
instrumen kebijakan untuk meningkatkan pendapatan nasional . Akibatnya, dia percaya
bahwa kausalitas hubungan antara belanja publik dan Pendapatan nasional berjalan
dari pengeluaran terhadap pendapatan .
Hubungan kausal antara pengeluaran
pemerintah dan pendapatan nasional menjadi subyek dari banyak studi empiris bagi
maju dan berkembangnya ekonomi. Namun, dua studi tersebut untuk Nigeria dan dua
temuan studi yang saling bertentangan dan bertentangan satu sama lain,
sedangkan Essien (1997) menemukan tidak ada kausalitas antara belanja publik
dan pendapatan nasional. Aregbeye (2006) melaporkan kausalitas dua arah antara
total belanja pemerintah dan penghasilan nasional. Dengan demikian, penelitian
ini berupaya untuk memperpanjang untai literatur dengan meneliti hubungan
kasual antara belanja pemerintah dan Pendapatan nasional di Nigeria untuk
periode 1970-2005.
Penelitian ini menggunakan
metodologi Granger Causality untuk menentukan arah kausalitas antara
pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional, uji ekonometrik ini didahului
dengan stasioneritas dan uji kointegrasi pada variabel yang digunakan dalam
penelitian ini. Sebelum melakukan tes kausalitas Granger, harus ditemukan
variabel individual atau stasioner, jika kedua variabel non stasioner, mereka
harus terkointegrasi. Ini berarti bahwa tes untuk stationarity dan uji kointegrasi
harus mendahului uji kausalitas Granger
Hasil dan
Analisis
Ini
melibatkan pengujian untuk stasioneritas dari variabel individu menggunakan Augmented
Dickey Fuller (ADF) dan Phillips - Perron (PP) tes untuk mencari keberadaan
akar
unit di masing-masing time series. Hasil dari kedua ADF dan tes PP adalah
dilaporkan
dalam Tabel di bawah ini:
Tabel 4.1 ADF
dan uji Stasioneritas PP di Tingkat
Variables
|
ADF
|
ADF (Intercept
&
|
PP
(Intercept)
|
PP (Intercept
&
|
|
(Intercept)
|
Trend)
|
Trend)
|
|||
LGE
|
-2.102(-
|
-1.819(-4.243)*
|
-2.072(-
|
-1.753(-4.243)*
|
|
3.632)*
|
3.632)*
|
||||
LGNI
|
-0.502(-
|
-1.750(-4.252)*
|
-0.502(-
|
-1.639(-4.243)*
|
|
3.632)*
|
3.632)*
|
||||
Catatan:
Signifikansi pada tingkat 1%. Angka dalam kurung menunjukkan nilai-nilai
kritis. Mackinnon (1991) nilai kritis untuk penolakan hipotesis unit root
diterapkan.
Sumber: Estimasi
Penulis menggunakan Eviews 6.0.
Tabel
4.1 di atas menunjukkan bahwa semua variabel tidak stasioner dalam tingkat. Ini
dapat dilihat dengan membandingkan nilai yang diamati (secara absolut) dari
kedua ADF
dan
uji statistik PP dengan nilai kritis (juga secara absolut) dari uji statistik pada
1%, 5% dan 10% tingkat signifikansi. Hasil dari tabel memberikan bukti kuat non
stasioner. Oleh karena itu, hipotesis nol diterima dan itu adalah cukup untuk
menyimpulkan bahwa ada kehadiran unit root dalam pada tingkat variabel, berikut
dari hasil di atas, semua variabel yang dibedakan sekali dan kedua ADF dan PP
tes dilakukan pada mereka, hasilnya seperti yang ditunjukkan pada tabel di
bawah ini
4.2 ADF dan uji
Stasioneritas PP di Selisih Pertama
Variables
|
ADF
|
ADF
(Intercept &
|
PP
(Intercept)
|
PP (Intercept
&
|
|
(Intercept)
|
Trend)
|
Trend)
|
|||
LGE
|
-6.545(-
|
-6.735(-4.252)*
|
-6.545(-3.639)*
|
-6.914(-4.252)*
|
|
3.639)*
|
|||||
LGNI
|
-4.258(-
|
-4.185(-3.548)**
|
-4.258(-3.639)*
|
-4.185(-3.548)**
|
|
3.639)*
|
|||||
Catatan:
* dan ** menandakan Signifikansi pada tingkat 1% & 5%, masing-masing.
angka-angka dalam kurung menunjukkan nilai-nilai kritis. Mackinnon (1991) nilai
kritis untuk penolakan dari hipotesis unit root diterapkan. Sumber: Estimasi
Penulis menggunakan Eviews 6.0.
Tabel
4.2 di atas menunjukkan bahwa semua variabel yang stasioner pada first
difference, atas dasar ini, hipotesis nol non-stasioner ditolak dan aman untuk menyimpulkan
bahwa variabel yang stasioner. Hal ini menunjukkan bahwa variabel terintegrasi
orde satu, yaitu 1 (1).
Kesimpulan
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kausalitas antara pengeluaran
pemerintah dan pendapatan nasional dengan menguji hipotesis Wagner di Nigeria .
Peneliti menggunakan metode kointegrasi Johansen - Juselius untuk mendeteksi
hubungan
jangka panjang antara pendapatan nasional riil per kapita dan pengeluaran riil
per kapita pemerintah di Nigeria . Hasil Johansen bivariat kointegrasi mengungkapkan
bahwa ada hubungan jangka panjang antara variabel-variabel stasioner ada. Hasil
tes kausalitas Granger itu menunjukkan
bahwa hukum Wagner didukung oleh data digunakan dalam sampel diatas. Ini
berarti ada hubungan sebab akibat berjalan dari pengeluaran Pemerintah dengan
pendapatan nasional . Temuan peneliti juga menunjukkan bahwa pengeluaran
pemerintah memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di
Nigeria. Hal ini dapat diterima karena secara luas diyakini bahwa pemerintah
telah memainkan beberapa peran penting dalam pembangunan negara . Implikasinya
adalah bahwa peningkatan pengeluaran pemerintah akan menghasilkan peningkatan
yang positif dalam pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan nasional
, lebih dari itu, ketika disuntikkan dalam program pembangunan jangka panjang.
TAX
Tema : Tax Systems
Judul :
The Effects of Tax Structure on Economic Growth and
Income Inequality
Nama Pengarang/Tahun/Penerbit : Ramot
Immanuel Apricano Lumbantobing and Masaru Ichihashi/2012/Hiroshima University
Latar
Belakang & Masalah
Perundang-undangan tarif pajak pendapatan perusahaan sangat
negatif dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksetaraan pendapatan
dengan mengendalikan berbagai faktor penentu lain pertumbuhan dan distribusi
pendapatan. Namun tarif pajak penghasilan pribadi tidak berdampak pada
pertumbuhan ekonomi dan ketidaksetaraan pendapatan. Selain itu dengan
mengelompokkan negara menjadi kelompok pajak berdasarkan tarif rata-rata atas
perundang-undangan pajak pendapatan perusahaan (Coorporate Income Tax), justru
akan ditemukan ketidaksetaraan pendapatan yang signifikan.
Dasar
Pemikiran
Kesenjangan
pendapatan antara miskin dan kaya telah menjadi masalah serius setiap negara di
seluruh dunia. Pengurangan kemiskinan absolut tidak menghasilkan distribusi
pendapatan yang setara, meskipun itu biasanya berkorelasi dengan pertumbuhan
ekonomi yang berkelanjutan. Laporan OECD ketidaksetaraan (2011) menegaskan
bahwa ketidaksetaraan di seluruh dunia berkembang cepat. Widmalm (2001)
menemukan bahwa pajak penghasilan pribadi berhubungan negatif dengan
pertumbuhan, dan pajak pendapatan perusahaan tidak berkorelasi dengan
pertumbuhan sama sekali. Dia beranggapan bahwa struktur pajak tidak berubah
selama periode seluruh sampel dan desain pendapatan pajak di semua negara dalam
studi adalah sama. Sebaliknya, Padovano dan Galli (2002) berpendapat bahwa
pajak rata-rata harga menyebabkan beberapa bias yang pada gilirannya mengarah
pada kesimpulan bahwa pajak tidak memiliki dampak pada pertumbuhan karena
kemungkinan korelasi tinggi dengan rata-rata pengeluaran fiskal. Lee dan Gordon (2005) memperdebatkan argumen
ini karena diperkirakan tarif pajak cenderung bias karena adanya masalah pajak
yang menghadapi banyak negara. Arnold (2008) mendukung hasil Lee dan Gordon
(2005). Ia menemukan bahwa tingkat CIT dapat mengurangi kinerja ekonomi negara.
Dia membandingkan pajak progresif dan indikator pajak lainnya seperti pajak
konsumsi dan pajak properti.
Sedangkan
Auerbach (2006) meninjau konsep insiden pajak dan bukti tentang yang
benar-benar menanggung beban CIT. Ia diringkas bahwa para pemegang saham dapat
menanggung CIT beban dalam jangka pendek dan jangka panjang karena mereka tidak
mampu menggeser pajak perusahaan modal. Para penulis mempelajari dampak ini
mempekerjakan data untuk 35 negara selama periode 1981-2005. Beberapa studi telah dinilai dampak CIT dan
tingkat lubang pada ketidaksetaraan pendapatan. Sebagai contoh, Claus,
Martinez-Vazquez dan Vulovic (2012) membahas peran kebijakan fiskal, terutama
pajak dan pengeluaran pemerintah untuk mendistribusikan kembali income.2 dengan
memanfaatkan data panel yang terdiri dari 150 negara untuk periode antara tahun
1970 dan 2009; mereka menemukan bahwa CIT dan PIT cenderung menjadi progresif
atas waktu dan efektif redistribusi pendapatan. Temuan ini juga dikonfirmasi
oleh Cornia, Gómez dan Martorano (2012).
Tujuan
Penelitian:
Menyelidiki
bagaimana sistem pajak bekerja sehingga mempengaruhi tingkat pertumbuhan
ekonomi suatu negara dan distribusi pendapatan melalui penggunaan panel dataset
lintas data yang terdiri dari 65 negara selama periode 1970-2006. Dengan
menggunakan tingkat atas hukum perusahaan dan pajak pendapatan pribadi, jurnal
ini memperkirakan dampak dari struktur pajak ketidaksetaraan pertumbuhan dan
pendapatan ekonomi. Untuk estimasi analisis, berlaku OLS, efek acak dan efek
tetap estimasi.
Hasil
dan Analisis :
Penelitian
ini menemukan dukungan untuk hipotesis bahwa tingkat CIT berdampak negatif baik
pada pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan . Namun , tarif pajak penghasilan
pribadi tidak signifikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi , yang konsisten
dengan literatur sebelumnya ( Lee dan Gordon , 2005 ) . Ada dua penjelasan
karena temuan ini . Pertama , sebagian besar kelompok pendapatan terendah tidak
membayar pajak penghasilan pribadi karena adanya ambang batas / individu
tunjangan bebas pajak atau pengurangan ( Claus , I. , Martinez - Vazquez , J. ,
& Vulovic , V. , 2012) . Kedua , orang kaya cenderung lebih sensitif
terhadap perubahan dalam tarif pajak , dan mereka dapat menyembunyikan
pendapatan mereka . Oleh karena itu, ada banyak penggelapan / penghindaran
pajak pada kegiatan kelompok pendapatan tertinggi (Diamond & Saez , 2011) .
Hal ini juga menemukan bahwa ketimpangan pendapatan menurun di negara-negara
yang memiliki tarif pajak penghasilan badan yang relatif tinggi . Mengikuti
teori sederhana dan tertua dari insiden pajak perusahaan adalah bahwa pajak
jatuh pada pemegang saham perusahaan sesuai dengan porsi kepemilikannya mereka.
Dengan demikian , teori ini menunjukkan bahwa pangsa individu kepemilikan
sangat terkonsentrasi di antara kelompok pendapatan yang lebih tinggi dengan
asumsi pajak perusahaan sebagai pajak progresif ( Auerbach , 2006) .
Makalah
ini menawarkan tiga rekomendasi kebijakan dari analisis dampak struktur pajak
penghasilan terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan . Pertama ,
adalah penting untuk mengembangkan desain sederhana menjadi sistem pajak karena
negara-negara yang mampu memobilisasi sumber daya pajak melalui struktur pajak
yang mencakup luas administrasi dan pelaksanaan yang efisien. Umumnya , sistem
pajak yang efisien adalah salah satu yang mengurangi efek disinsentif
perpajakan untuk bekerja , menabung dan berinvestasi dengan menggunakan
struktur pajak penghasilan berbasis luas . Oleh karena itu , reformasi pajak di
Asia dan Eropa harus demikian fokus pada meningkatkan penegakan pajak dan
memperluas basis pajak mereka dengan meminimalkan insentif pajak , pembebasan
dan tunjangan , yang akan mengurangi biaya administrasi perpajakan dan
menyebabkan peningkatan penerimaan pajak . Peningkatan penerimaan pajak akan
memungkinkan keuntungan pemerintah yang lebih besar untuk mencapai distribusi
yang lebih setara kekayaan dan pendapatan .
Kedua
, karena tingkat pajak pribadi tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap
pertumbuhan dan kesenjangan pendapatan , pemerintah harus fokus untuk
mengurangi penghindaran pajak, yang diyakini terjadi pada kelompok pendapatan
tertinggi yang bisa mendistorsi ekuitas horizontal dan vertikal dalam mendistribusikan
pendapatan .
Kesimpulan
Pada
akhirnya, berpenghasilan sangat tinggi atau kelompok pendapatan tertinggi harus
dikenakan tarif pajak marjinal tinggi dan meningkat, terutama di atas tarif
pajak wajib . Jurnal ini menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi hukum tarif
CIT di atas 40 % dapat mengurangi kesenjangan pendapatan antara kaya dan miskin
, sesuai dengan penelitian oleh Diamond dan Saez ( 2011) . Oleh karena itu,
pemerintah harus fokus pada meminimalisasi kegiatan penghindaran pajak seperti
memperluas basis pajak perusahaan dan mempromosikan penegakan pajak penghasilan
.
SUBSIDY
Tema : Effect of Subsidy on
Judul :
REDUCING POVERTY THROUGH SUBSIDIES:
SIMULATION OF FUEL SUBSIDY DIVERSION TO NON-FOOD CROPS
Nama
Pengarang/Tahun/Penerbit : Indra Maipita, Wawab
Hermawan, dan Fitrawaty
Latar Belakang
& Masalah
Peningkatan
drastis harga minyak dunia sejak 2008 (Reyes, at.al, 2009; FAO, 2008), posisi
pergeseran Indonesia dari eksportir minyak menjadi importir total, dan
pertumbuhan kebutuhan pada bahan bakar membuat beban subsidi semakin besar dan
membuat anggaran nasional defisit. Di sisi lain, berbagai studi berpendapat
bahwa subsidi BBM yang tidak efisien karena sebagian besar subsidi keluar
target dan diterima oleh masyarakat non-miskin. Masalah subsidi BBM telah
menjadi diskusi hangat, dengan berbagai topik, seperti melihat pertunjukan besar
subsidi bahan bakar akan meletakkan beban pada anggaran negara? Haruskah
ditargetkan? Haruskah subsidi bahan bakar perlu dilanjutkan? Bagaiamana jalan
keluar dari jebakan subsidi bahan bakar?
Dasar Pemikiran
Dalam
mengurangi beban anggaran di Indonesia, pemerintah telah mengambil berbagai
kebijakan fiskal seperti penghapusan bertahap subsidi bahan bakar dengan
Keputusan Presiden No. 55 tahun 2005; sisa bahan bakar subsidi akan dihapuskan
meskipun waktu pelaksanaan belum ditentukan namun (ujar Bank, 2005).
Penghapusan subsidi bahan bakar akan memicu kenaikan harga komoditas lain,
menimbulkan inflasi, menurunkan daya beli (pendapatan real) dan bisa
menyebabkan peningkatan tingkat kemiskinan.
Kemiskinan masih merupakan masalah krusial dan menjadi dianggap sebagai
fenomena yang sangat kompleks untuk setiap negara (Hung dan Makdissi, 2004;
Marianti dan Munawar, 2006, Maipita et al, 2010). Bahkan pengentasan kemiskinan
telah menjadi tujuan utama dari kebijakan publik di hampir semua masyarakat
industri (Moller, at.al, 2003). Pemerintah di negara membuat upaya besar untuk
meringankan masalah melalui instrumen mereka fiskal. Ada beberapa fakta yang berkaitan dengan
bidang kemiskinan dan pertanian; (1) sebagian besar penduduk miskin di pedesaan
penghidupan didominasi sektor pertanian, (2) pengalaman selama krisis moneter
1998 menunjukkan bahwa sectoris pertanian salah satu sektor beberapa yang tetap
bertahan terhadap krisis, (3) pertanian menghasilkan makanan dan bahan baku
untuk industri dan sektor jasa, (4) employmentin sectoris pertanian yang sangat
fleksibel, sehingga pertanian dapat serveas jaring pengaman (kelangsungan hidup
sektor) dalam keadaan darurat (wartawan2001; Hafizrianda, 2007; Bautista, 2000;
Maipita et al, 2010; Maipita, 2011). Studi yang dilakukan oleh Suselo dan
Tarsidin (2008) menyatakan bahwa pertanian, perkebunan dan Perikanan adalah
sektor yang memiliki tertinggi tingkat kemiskinan dan elastisitas kemiskinan
pertumbuhan ekonomi tertinggi. Selain itu, paradigma baru pengembangan
pertanian menempatkan industrialisasi pertanian yang dipimpin sebagai strategi
industrialisasi yang berfokus pada program pembangunan di sektor pertanian
karena dianggap sesuai harus dilakukan di negara-negara berkembang (Susilowati,
2008). Mulai dari uraian di atas, kita meningkatkan pertanyaan tentang
bagaimana jika subsidi dipindahkan ke sektor Non-makanan tanaman.
Tujuan Penelitian:
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak dari pengalihan subsidi
bahan bakar (dari tanaman pangan untuk Non-makanan tanaman) pada levelof
incomeand kemiskinan di Indonesia.
Tulisan ini menganalisa dampak dari pengalihan subsidi bahan bakar untuk
sektor Non-makanan tanaman pada tingkat pendapatan, menggunakan AGEFIS; model
keseimbangan umum multisektoral yang dapat dikomputasi. Kemudian kita lanjutkan
untuk menerapkan indeks Foster-Greer-Thorbecke (FGT) untuk mengukur indikator
kemiskinan (jumlah kepala index, indeks kesenjangan dan kemiskinan severity
index).
Hasil dan
Analisis :
I.
subsidi adalah pembayaran pemerintah kepada
perusahaan dan rumah tangga dengan tujuan tertentu memungkinkan mereka untuk
menghasilkan atau untuk mengkonsumsi produk dalam jumlah besar dengan harga
murah. Subsidi canbe dalam bentuk pembayaran transfer (seperti makanan stamps
dan subsidi perumahan), dan bantuan dalam sektor pertanian (Ericson, et.al,
1998). Barang formof, subsidi pada spesifik goodsis dilakukan dengan memberikan
jumlah tertentu kepada konsumen tanpa pembayaran atau di bawah harga pasar
(Handoko dan Patriadi, 2005). Di negara
berkembang, subsidi signifikan sebagai instrumen fiskal untuk meningkatkan
produktivitas dan peningkatan kesejahteraan (Norton, 2004). Subsidi adalah
sebuah bentuk efisien pemerintah transfer sebagai sarana untuk redistribusi
kekayaan di seluruh rumah tangga, atau antara produsen dan konsumen. Dengan
fundamenta ini limportance, subsidi tetap instrumen kebijakan yang bahkan di
negara-negara maju. Dari
theinstitutionalside, pajak yang lebih rendah dan peningkatan subsidi dapat
meningkatkan pendapatan rumah tangga, maka daya beli mereka. Selain itu,
pendapatan yang lebih tinggi dapat mendukung rumah tangga lebih besar» konsumsi
(Simorangkir dan Adamanti, 2010). Namun, sebagai sebelumnya diuraikan, subsidi
memiliki dampak negatif pada alokasi inefisiensi, penggunaan berlebihan
masukan, dan kemungkinan Miss target (Basri, 2002). Secara keseluruhan, skenario thepolicy untuk
mengalihkan subsidi bahan bakar untuk Non-makanan tanaman pertanian memberikan
dampak positif terhadap peningkatan penghasilan bagi semua kelompok rumah
tangga (Tabel 1). Hal ini karena sebagian besar rumah tangga yang berhubungan
dengan Non-makanan Cropssector, asworkers baik, pemilik tanah ora s serta
pengusaha di sektor ini. Peningkatan Penghasilan jauh lebih besar untuk rumah
tangga di desa dari kota, karena pertanian alami terletak di desa. Dari tabel
1, hasilnya menunjukkan lebih besar thesubsidy dialihkan, semakin besar
peningkatan tingkat pendapatan rumah tangga.
Pengalihan subsidi meningkatkan aktivitas sektor Penerima dan
menciptakan peluang morejob. Banyak peneliti berpendapat bahwa pekerjaan adalah
keytoescape dari kemiskinan, dan mengurangi kemiskinan melalui subsidi:
simulasi pengalihan subsidi bahan bakar untuk peningkatan pekerjaan Non-makanan
tanaman 361 sangat penting untuk mengurangi ketimpangan (Bluestone dan
Harrison2000). Rumah tangga dengan anggota rumah tangga bekerja memiliki kurang
kemungkinan menjadi miskin (Hills 2004; Lohmann 2009). IV. hasil dan analisis
subsidi adalah pembayaran pemerintah kepada perusahaan dan rumah tangga dengan
tujuan tertentu memungkinkan mereka untuk menghasilkan atau untuk mengkonsumsi
produk dalam jumlah besar dengan harga murah. Subsidi canbe dalam bentuk
pembayaran transfer (seperti makanan stamps dan subsidi perumahan), dan bantuan
dalam sektor pertanian (Ericson, et.al, 1998). Barang formof, subsidi pada
spesifik goodsis dilakukan dengan memberikan jumlah tertentu kepada konsumen
tanpa pembayaran atau di bawah harga pasar (Handoko dan Patriadi, 2005). Di negara berkembang, subsidi signifikan sebagai
instrumen fiskal untuk meningkatkan produktivitas dan peningkatan kesejahteraan
(Norton, 2004). Subsidi adalah sebuah bentuk efisien pemerintah transfer
sebagai sarana untuk redistribusi kekayaan di seluruh rumah tangga, atau antara
produsen dan konsumen. Dengan fundamenta ini limportance, subsidi tetap
instrumen kebijakan yang bahkan di negara-negara maju. Dari theinstitutionalside, pajak yang lebih
rendah dan peningkatan subsidi dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga, maka
daya beli mereka. Selain itu, pendapatan yang lebih tinggi dapat mendukung
rumah tangga lebih besar» konsumsi (Simorangkir dan Adamanti, 2010). Namun,
sebagai sebelumnya diuraikan, subsidi memiliki dampak negatif pada alokasi
inefisiensi, penggunaan berlebihan masukan, dan kemungkinan Miss target (Basri,
2002). Secara keseluruhan, skenario
thepolicy untuk mengalihkan subsidi bahan bakar untuk Non-makanan tanaman
pertanian memberikan dampak positif terhadap peningkatan penghasilan bagi semua
kelompok rumah tangga (Tabel 1). Hal ini karena sebagian besar rumah tangga
yang berhubungan dengan Non-makanan Cropssector, asworkers baik, pemilik tanah
ora s serta pengusaha di sektor ini. Peningkatan Penghasilan jauh lebih besar
untuk rumah tangga di desa dari kota, karena pertanian alami terletak di desa.
Dari tabel 1, hasilnya menunjukkan lebih besar thesubsidy dialihkan, semakin
besar peningkatan tingkat pendapatan rumah tangga. Pengalihan subsidi meningkatkan aktivitas
sektor Penerima dan menciptakan peluang morejob. Banyak peneliti berpendapat
bahwa pekerjaan adalah keytoescape dari kemiskinan, dan mengurangi kemiskinan
melalui subsidi: simulasi pengalihan subsidi bahan bakar untuk peningkatan
pekerjaan Non-makanan tanaman 361 sangat penting untuk mengurangi ketimpangan
(Bluestone dan Harrison2000). Rumah tangga dengan anggota rumah tangga bekerja
memiliki kurang kemungkinan menjadi miskin (Hills 2004; Lohmann 2009).
II. Suselo
dan Tarsidin(2008), yang menyimpulkan bahwa yang paling tepat strategi untuk
mengurangi kemiskinan adalah untuk memberikan lebih attentionon pertanian,
perkebunan dan perikanan.
Kesimpulan :
karya
ini menyediakan dua kesimpulan, pertama, pengalihan subsidi bahan bakar untuk
sektor Non-makanan tanaman memberikan dampak positif pada peningkatan
pendapatan rumah tangga dan pengurangan kemiskinan. Hal ini memerlukan
penyelidikan yang sub-sektor Non-makanan Cropss hould menjadi target dengan
dampak yang dominan pada pengurangan kemiskinan, dan juga mekanisme transfer
subsidi. Kedua, pengalihan subsidi bahan bakar untuk sektor Non-makanan tanaman
memberikan dampak positif yang lebih baik untuk rumah tangga pedesaan dari
rumah tangga perkotaan.
Dikutip
dari :
Kelemahan dan
Keuntungan GNP (Gross National Product)
Judul :
Revisions to Official Data on U.S. GNP: A
Multivariate Assessment of Different Vintages (Revisi Data resmipada AS GNP: Kajianmultivariasi
Vintages berbeda)
NamaPengarang/Tahun/Penerbit :
K.
D. Pattersonand S. M. Heravi/2004/Journal of Official Statistics, Vol. 20, No.
4, 2004, pp. 573–602
LatarBelakang&Masalah
Ø DasarPemikiran
Meskipun ada sastra besar pada revisi
data yang diterbitkan oleh badan-badan resmi, relative sedikit pekerjaan yang
telah dilakukan pada multivarian aspek dari proses pengukuran data (DMP), memproduksi
berbagai vintages GNP variabel. Hal ini terutama untuk seri non stationary waktu.
Dengan focus pada kenyataan Produk Nasional
Bruto (PNB) di U.S ,penulis berusaha menunjukkan bahwa sejumlah pertanyaan menarik
dapat dijawab dalam rangka multi varian. Mendefinisikan DMP
"berperilaku" sebagai satu hasil kecenderungan stokastik tunggal dalam
beberapa set data vintage, penulis kemudian dapat menilai apakah ini adalah kasus
GNP.
Oleh karena itu peneliti ingin menunjukkan
bahwa ide tunggal representasi vintage (final) berhubungan dengan gagasan bahwa
revisi data yang muncul melalui pengukuran kesalahan dan kontras, berpengaruh juga
pada interpretasi revisi sebagai kesalahan ramalan. Juga, adanya beberapa
vintages GNP memungkinkan pendekatan yang berbeda untuk meneliti banyak pertanyaan
apakah GNP memiliki akar unit.
Peneliti juga ingin menunjukkan pentingnya
konsep exogeneity lemah, dan bagaimana tes untuk stationarity revisi dan keseragaman
vintages dapat dirumuskan dan diuji.
Ø MotivasiPenelitian
Beberapa pertanyaan
yang timbul dalam rangka multivarian memotivasi penulis untuk meneliti dan menguji
kebenaran sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menyelesaikan
masalah yang ada. Seperti pertanyaan berikut ini:
1.
Apakah Vintages yang
berbeda berbagi gerakan jangka panjang yangbsama?
2.
Apakah Vintages yang
berbeda berbagi gerakan jangka pendek yang sama?
3.
Bisakah kita hanya menggunakan
satu vintage data?
4.
Apakah revisi data
timbul dari pengukuran kesalahan atau efisien Prakiraan?
5.
Bisakah kita lebih banyak
membicarakan tentang perdebatan "Apakah ada akar unit di US GNP?"?
Dan
lain-lain
Penulis kemudian meneliti dan menguji
segala hal yang bersangkutan dengan permasalahan yang timbul. Menggunakan beberapa
metode yang juga pernah dipakai oleh peneliti terdahulu untuk menguji materi
yang sama maupun tidak sama.
Hasil dan Analisis
Awal
penelitian ini adalah diskusi tentang isu-isu yang banyak data digunakan untuk menganalisis
agregat hubungan ekonomi pertama diterbitkan dalam bentuk awal dan kemudian direvisi,
kadang-kadang cukup luas, sebelum menjadi apa yang dapat dianggap sebagai data
"akhir". Revisi data, dan khususnya bagi GNP, focus dari studi ini,
timbul karena beberapa alasan. Sebagai contoh, diberi definisi konstan dan metodologi,
Biro Analisis Ekonomi (BEA) harus menyeimbangkan ketepatan waktu dan informasi
yang tidak lengkap dan karena itu pada waktunya, karena lebih banyak sumber
data dimasukkan, hal ini menimbulkan revisi.
Dengan demikian, sosok untuk GNP
diterbitkan secepat mungkin setelah periode telah berakhir, dengan pengetahuan bahwa
beberapa komponen GNP telah didasarkan pada informasi kurang lengkap dan,
sebagai akibatnya, akan disempurnakan sebagai informasi yang hilang menjadi tersedia.
Ini mengarah ke pandangan bahwa revisi muncul dari perhitungan kesalahan;
pandangan lain adalah bahwa data awal dibangun sebagai ramalan efisien data
kemudian.
Selainitu,
terutama dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi beberapa perkembangan penting
dalam struktur macroeconomy yang memiliki implikasi untuk pengukuran GNP pada mengukur
ekonomi "baru". Dengan demikian, bersama-sama dengan proses biasa revisi
diberikan definisi yang konstan, ada perubahan yang timbul dari pengembangan ekonomi
"baru"; sebagai contoh, perangkat lunak computer telah direklasifikasi
dari produksi menengah untuk investasi, sehingga meningkatkan GNP. Dalam pengembangan
yang terkait, amalan pemeliharaan beban tetap selama lima tahun atau lebih dalam
membangun harga dan kuantitas indeks ketika produk baru, misalnya, telepon selular,
computer dan game komputer, yang diperkenalkan cenderung mendistorside komposisi
nilai kedalam harga dan kuantitas. Perubahan terbaru metodologi sepenting ini pindah
ke rantai harga dan kuantitas indeks; bergerak bahwa telah menggema dalam perkembangan
di banyak Negara Eropa.
Kesimpulan
Ide
sentral dari studi ini adalah bahwa revisi data harus berkaitan satu sama lain
sebagai bagian dari proses keseluruhan. Yang ada kecenderungan untuk seri- yaitu,
kecenderungan untuk gerakan berkelanjutan dalam satu arah selama jangka waktu
yang cukup panjang. Tren ini mungkin ditandai sebagai stasioner penyimpangan di
sekitar kecenderungan deterministic atau, sebagai sebuah tren stokastik,
menjadi jumlah kumulatif dari masa lalu yang menghasilkan non stationarity
data. Kami analisis multivariate dari perbedaan ini atas tren stokastik. Sekarang,
mengingat bahwa revisi GNP efektif menghasilkan beberapa waktu berbeda seri
(vintages berbeda) untuk variabel yang sama, dan masing-masing memiliki kecenderungan
stokastik, pertanyaan penting adalah apakah berbagai vintages telah kecenderungan
umum tunggal? Jika tidak, ada masalah yang berpotensi interpretasi serius karena,
selalu, tren yang berbeda tidak terikat bersama. Itu adalah motivasi yang masuk
akal bagi produsen data untuk menghasilkan lebih dari satutren di vintages
berbeda. Untungnya meskipun terdapat perubahan terbaru dalam GNP metodologi,
temuan kami mendukung penafsiran satu tren saja.
Lain
masalah, adalah apakah vintage tertentu secara memadai menangkap tren stokastik
umum tunggal. Hasil penulis menunjukkan bahwa prasangka kemungkinan sebagian besar
pengguna, vintage "final" terbaik dalam hal ini, dibenarkan oleh temuan
empiris kami menemukan kecenderungan stokastik umum adalah sebuah isu yang
berkaitan dengan jangka panjang kecenderung andalam seri berbeda, tapi apa jangka
pendek? Penulis difokuskan pada jangka pendek pola korelasi di vintages berbeda
dan menemukan bahwa hipotesis fiturumum semacam ini ditolak. Jadi kita dapat mencirikan
hasil penulis sebagai menunjukkan bahwa vintages berbeda mewakili jangka panjang
kecenderungan sama tetapi berbeda dalam gambar jangka pendek.
Revisi data ini berhubungan dengan GNP
(Gross National Product) yaitu kelemahan dan keuntungannya. Adapun kelemahan
GNP adalah:
1. Tidak
memperhitungkan kegiatan produksi yang bersifat mikro seperti kegiatan
RumahTangga.
2. Tidak
dapat memperhitungkan kegiatan ekonomi bawah tanah (underground economy
activities) seperti penghindaran pajak, penyeludupan, danbisnis illegal
lainnya.
3. GNP
tidak memperhitungkan nilai dari aktivitas rekreasi.
4.
GNP tidak memperhitungkan
biaya polusi dan biaya yang timbul akibat kerusakan lingkungan.
Dan
Keuntungan dari GNP adalah:
1. Untuk
mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara.
2.
Dengan menghitung pendapatan
nasional, kita dapat mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Semakin tinggi
nilai pendapatan nasional, berarti semakin tinggi pula kemajuan perekonomian suatu
negara.
Untuk
menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara.
Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat menganalisis faktor-faktor
yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Misalnya, jika suatu saat pendapatan
nasional menurun, melalui penghitungan pendapatan nasional kita bias menganalisis
faktor-faktor apa yang menyebabkan penurunan tersebut. Untuk memperoleh taksiran
nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan menghitung pendapatan nasional (GNP
dan GDP) kita bias mengetahui taksiran nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan
ini pula pemerintah dapat menaksir barang dan jasa dalam membuat kebijakan untuk
kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
Untuk
membantu membuat rencana pembangunan. Dengan
menghitung pendapatan nasional, kita bias mengetahui berbagai lapangan usaha
yang menunjang perolehan pendapatan nasional. Jadi, apabila ingin meningkatkan pendapatan
nasional, pemerintah harus merencanakan pembangunan lapangan-lapangan usaha tersebut.
Dikutip
Dari :
http://www.cbs.nl/NR/rdonlyres/3A1063A1-1696-4991-BAD3-83EE78A7DCAF/17978/JournalofofficialstatisticsPattersonandHeravi3.pdf
http://id.shvoong.com/business-management/accounting/2215946-tujuan-dan-manfaat-menghitung-pendapatan/#ixzz2lBBLTUfA
Concept of Stocks and
Flows
Judul : Dimensions,
Stocks and Flows
Nama Pengarang/Tahun/Penerbit : Kei Nakaji/2006/University of Takasaki
City Faculty of Economics
Latar
Belakang & Masalah :
Ø Dasar Pemikiran
Jurnal ini bertujuan untuk
memperjelas konsepsi dimensi, saham dan arus, dan peran mereka dalam teori
ekonomi. Tentunya, hampir setiap buku teks di bidang ekonomi menekankan
pentingnya mereka. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa
model ekonomi standar mengabaikan hal tersebut dan melanggar mengenai aturan
untuk waktu dan dimensi.
Jurnal
ini mendefinisikan konsep utama yang dianut dalam dimensi waktu, saham dan
arus, dan unit pengukuran besaran ekonomi.. Kami memastikan cacat dari beberapa
teori ekonomi modern di terang dimensi dan konsepsi waktu dan melihat bahwa,
bahkan jika mereka tidak mengandung kesalahan matematis, mereka sering
kesalahan konsistensi formal untuk kebenaran dalam teori ekonomi, dan dalam
beberapa kasus, mereka melakukan kontradiksi.
Ø Motivasi Penelitian
Judul jurnal yang dibuat oleh penulis ini sama dengan Currie dan
Steedman. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Currie dan Steedman memeriksa
cara untuk menangani dengan
waktu. Konsep dalam teori ekonomi melalui wawasan mereka dan memesan
sugestif dalam hal sejarah ekonomi modern . Mereka melacak sifat seksama dan perkembangan konsepsi waktu
ekonom besar, yaitu , A. Marshall , MEL Walras , E. Lindahl , J.R. Hicks ,
G.L.S. Belenggu, dan L.M. Lachman . Untuk membaca karya mereka dengan hati-hati
, semua orang akan menerima kesimpulan mereka bahwa "tidak ada kerangka temporal yang unik telah mengamankan penerimaan
universal antara ekonom " ( [ 5 ] hal.240 ) .
Mereka berpendapat mengenai dimensi , saham dan arus. Sangat
disayangkan bahwa tidak ada visi yang jelas atau implikasi dari mereka untuk
teori ekonomi disajikan . Oleh karena dasar itulah mendorong penulis dalam
melakukan penelitian mengenai konsep dimensi , saham dan arus dalam konteks
ekonomi modern yang Currie dan Steedman tidak mencoba untuk memeriksa secara
rinci.
Tentunya , banyak buku teks standar di bidang ekonomi menekankan
pentingnya dan pentingnya perbedaan antara saham dan arus . Meskipun demikian ,
pertimbangan untuk itu belum tentu cukup, terutama dalam diskusi tentang konsep
dasar ekonomi .
Hasil
dan Analisis :
Menurut William A. Mceachern (2000;147), persediaan
adalah stock barang dalam proses, seperti komponen-komponen computer, dan stock
barang jadi, seperti computer baru yang siap dijual.
Menurut Robert B.
Barsky dalam N. Gregory Mankiw (2005;18), biaya variable ekonomi mengukur
jumlah uang, jumlah barangdan seterusnya. Para ahli ekonom membedakann antara
dua jenis variable jumlah. Persediaan (stock) dan aliran (flows). Persediaan (stock) adalah
jumlah barang yang diukur pada titik waktu tertentu, sedangkan aliran (flows) adalah
jumlah yang diukur per unit waktu.
Menurut William A.
Mceachern (2000;147), persediaan perlu stok barang dalam proses, seperti
komponen computer dan stok barang jadi seperti computer baru yang siap dijual.
Contoh : sejumlah pesawat terbang yang parkir di Bandara Toronto pada waktu
tertentu. Uang yang ada dibank adalah stock.
Sedangkan, Aliran (Flow) merupakan sebuah variable yang mengukur
tingkat per unit waktu (selama waktu tertentu) contoh : sejumlah pesawat
terbang yang terbang dari Bandara Internasional Pearson Toronto dalam satu jam.
Aliran pendapatan dan pengeluaran. Aliran ini berupa dollar atau rupiah per
unit waktu seperti, $100 per unit minggu..
Stock
dan flow saling berkaitan, karena flow mengubah stock. Aliran air ke dalam bak
mandi akan mempengaruhi stock air di dalam bak mandi.
Capital, berupa bangunan, pabrik dan peralatannya, perumahan,
barang konsumsi durable dan persediaan adalah stock dalam makro ekonomi.
Termasuk dalam pengeluaran pada barang akhir perusahaan. Stock capital disebut
investasi. Investasi adalah pembelian capital baru.
Aliran investasi akan menaikkan capital stock. Penurunan capital
stock adalah akibat dari depresiasi. Perubahan capital sama dengan net
investment, dimana sama juga dengan gross investment dikurangi dengan
depresiasi.
Saham dan arus memiliki unit yang
berbeda dan karena itu tidak sepadan - mereka tidak dapat bermakna
dibandingkan, disamakan , ditambah, atau dikurangi . Namun, satu mungkin
bermakna mengambil rasio saham dan arus , atau mengalikan atau membagi mereka .
Ini adalah titik beberapa kebingungan untuk beberapa mahasiswa ekonomi , karena
beberapa bingung mengambil rasio ( valid) dengan membandingkan ( valid ) .
Rasio
saham over flow memiliki unit = Waktu
. Sebagai contoh, rasio utang terhadap PDB memiliki satuan tahun ( sebagai PDB
diukur dalam , misalnya , dolar per tahun sedangkan utang diukur dalam dolar )
, yang menghasilkan penafsiran rasio utang terhadap PDB sebagai " beberapa
tahun untuk membayar off semua utang , dengan asumsi semua PDB ditujukan untuk
pembayaran utang " .
Rasio
aliran ke saham memiliki unit 1/time . Misalnya, perputaran uang didefinisikan
sebagai PDB nominal / jumlah uang beredar nominal , tetapi memiliki unit (
dolar / tahun ) / dolar = 1/year .
Dalam
waktu diskrit , perubahan dalam variabel saham dari satu titik waktu ke titik
lain dalam waktu satu satuan waktu kemudian ( perbedaan pertama saham ) sama
dengan variabel aliran yang sesuai per unit waktu . Misalnya, jika saham negara
modal fisik pada tanggal 1 Januari 2010 merupakan 20 mesin dan pada 1 Januari
2011 sebesar 23 mesin , maka aliran investasi bersih selama tahun 2010 adalah 3
mesin per tahun. Jika kemudian memiliki 27 mesin pada tanggal 1 Januari 2012,
aliran investasi bersih selama tahun 2010 dan 2011 rata-rata 3 mesin per tahun.
Secara
matematis saham dapat dilihat sebagai akumulasi atau integrasi arus dari waktu
ke waktu - dengan arus keluar mengurangkan dari saham. Saham biasanya memiliki
nilai tertentu pada setiap saat waktu - misalnya jumlah populasi pada saat
tertentu.
Sebuah
aliran (atau "rate") perubahan saham dari waktu ke waktu. Biasanya
kita dapat dengan jelas membedakan arus masuk (menambah saham) dan arus keluar
(mengurangkan dari saham). Arus biasanya diukur selama interval waktu tertentu
- misalnya, jumlah kelahiran lebih dari satu hari atau bulan.
Jika
jumlah beberapa variabel saham pada waktu t adalah Q
(t) , maka derivative adalah aliran perubahan saham . Demikian
juga, stok pada suatu waktu t adalah
integral dari aliran dari beberapa saat waktu nol sampai waktu t.
Misalnya,
jika modal K
(t)
meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu oleh aliran investasi
bruto dan menurun secara bertahap dari waktu ke
waktu oleh aliran penyusutan D(t),
maka laju sesaat perubahan dalam modal saham ditentukan oleh
= - D (t)
=
di mana notasi ,
mengacu pada aliran investasi bersih, yang merupakan selisih antara investasi
bruto dan depresiasi.
Kesimpulan :
Sejauh ini , definisi mengenai saham , arus dan unit pengukuran , dan
berusaha untuk menerapkannya pada beberapa teori ekonomi modern . Bangunan
model matematika sering digunakan adalah penting selama mereka bertujuan untuk
mencapai kesimpulan yang wajar dalam batas terbatas . Seperti disebutkan di
atas , batas sampai batas tertentu sempit untuk ekonom . Ketika mereka
menyamakan kuantitas ekonomi dengan kuantitas ekonomi yang lain , mereka harus
melihat tidak hanya unitnya pengukuran tetapi juga dimensi waktu , stok dan
aliran.
Memang , ketidakpedulian akan dimensi, persediaan serta aliran
menyebabkan beberapa masalah kritis. Dalam doktrin upah - dana klasik , tidak
ada mekanisme untuk menentukan tingkat upah , yaitu upah periode dibayar .
Teori utilitas akrab tidak memiliki unit unik pengukuran utilitas . Fungsi
produksi tidak sesuai dengan asumsi linier homogen ( atau homogen tingkat
pertama ) karakter dan teorema kelelahan dari total produk . Akhirnya ,
analisis IS - LM adalah kontradiksi-diri untuk pengobatan simultan dan
penentuan saham dan arus.
Jika argumen yang dikembangkan dalam jurnal ini benar, Mungkin perlu
perubahan dalam cara berpikir kita pada modus operandi jumlah ekonomis .
Diakui, topik yang dibahas di sini terlalu sedikit untuk membuktikan arti dan
makna dari konsepsi dimensi , saham dan arus secara maksimal . Namun demikian ,
masalah yang disajikan di sini terbuka untuk argumen lebih lanjut. Jika
diperlukan , semua teori-teori ekonomi terkenal aksiomatik dan model ekonomi
yang positif dapat dipertimbangkan kembali dalam hal konsepsi yang disajikan di
sini .
Ekonomi 4
Sektor
Judul
: The structural
failure of Irish economic development and employment policy
Nama penulis/tahun terbit : Tom O’Connor*/2008
Latar
Belakang & Masalah :
Ø Dasar Pemikiran
Ekonomi,
mendengar kata tersebut kita pasti akan menyimpulkan bahwa kegiatan untuk
memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, tapi alat pemuas kebutuhannya
yang tidak terbatas. Ekonomi sangat erat kaitannya dengan hidup manusia karena
ekonomi tercipta dari adanya masalah kelangkaan dan kebutuhan. Untuk mengatasi
masalah-masalah ekonomi yang terjadi dan
akan terjadi, maka ekonomi tersebut dibagi kedalam dua kelompok besar, yaitu
Mikroekonomi dan Makroekonomi.
Berbicara
tentang mikroekonomi dan makroekonomi, kita pasti dapat langsung
mengklasifikasikan ekonomi menurut luang lingkupnya. Miroekonomi merupakan ilmu
yang banyak membahas tentang hubungan ekonomi sektor rumah tangga dan perusahaan.
Sedangkan, Makroekonomi adalah ilmu yang membahas tentang ruang lingkup ekonomi
secara luas, mencakup sektor Rumah Tangga, Perusahaan, Pemerintah serta luar
negeri.
Latar
belakang penulisan makalah ini adalah karena adanya impact yang cukup besar akibat kebijakan ekonomi mengenai
ketenagakerjaan yang ada diperusahaan yang dibuat pemerintah irlandia yang
dapat mengakibatkan berubahnya keadaan ekonomi di empat sektor tersebut. Karena
dampak yang ditimbulkan dari kebijakan yang dibuat pemerintah sangat mempengaruhi
sektor lain, untuk itu sektor lain kami teliti sampai sejauh mana itu terjadi.
Ø Motivasi Penelitian
Motivasi
penulis dalam penulisan jurnal ini adalah untuk membahas lebih jauh soal
ekonomi empat sektor itu sendiri, serta membahas dampak sebesar apa yang
terjadi pada keempat sektor berikut jika terjadi kebijakan yamg dilakukan oleh
pemerintah. Selain itu, kita juga dapat mempelajari dan memperkirakan langkah
apa yang akan diambil jika negara Indonesia mengalami kejadian seperti ini.
Hasil
dan Analisis :
Pada jurnal ini, kita akan membahas tentang resesi Irlandia sejak
2008 dan kebutuhan untuk memperkenalkan kebijakan ketenagakerjaan baru yang radikal
sebagai tujuan utamanya. Namun apakah kebijakan ini dapat efektif mengurangi
pengangguran dan menempatkan Irlandia pada lebih negara responsif , adil dan
pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan jalur kebijakan ketenagakerjaan dari
2010 dan seterusnya. Apakah kebijakan tersebut dapat mempengaruhi kebijakan
tersebut akan mempengaruhi kebijakan sektor rumah tangga, perusahaan dan luar
negeri.
Melihat dari penjelasan sebelumnya,
kita dapat mengetahui jawabannya dari
solusi yang dirumuskan pemerintah irlandia berikut ini : menunggu kondisi ekonomi
global untuk melakukan ekpansi pasar, meningkatkan daya saing negara, memotong
pengeluaran negara dan menunggu pasar untuk meningkatkan produksi ( ESRI ,
2010).
Namun, dari
sektor pemerintah, Ini adalah ekonomi tidak sehat. Pemotongan terus menerus
lanjut mengempis perekonomian domestik . Hal ini menciptakan pengangguran lebih
lanjut. Hal ini semakin mengurangi pajak dan memperlebar defisit bendahara.
Pada sisi perusahaan, memang benar
jika membaca pasar itu untuk melakukan ekspansi itu memang sangat penting, tapi
jika hanya menunggu terus tanpa melakukan produksi serta biaya tidak disubsidi
pemerintah maka akan berdampak pada meruginya perusahaan serta tidak adanya
kontribusi dari perusahaan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.
Pada sisi kepentingan luar negeri,
pemerintah irlandia memang dapat bersaing dengan negara lain, jika investasi
dapat dikelola dengan baik dan benar oleh perusahaan. Melihat keadaan yang
terjadi, maka siklus ekonomi 4 sektor dinegara irlandia tidak berjalan dengan
maksimal dan cenderung timpang ( Keynes , 1936 , Sidelsky , 2009 )
Pemerintah irlandia harus dituntut
untuk bergerak cepat dalam melakukan kebijakan ekonominya agar dapat
menyeimbangkan circular flow/ siklus ekonomi 4 sektor, yaitu
·
Paket stimulus yang pertama adalah pemerintah menyuntikkan uang langsung ke
industri pengetahuan baru atau peneliti untuk penelitian sebagai dikemukakan
oleh Enterprise Strategy Group laporan Menjelang Curve (2004). Industri yang
disuntikkan dana seperti perangkat bio-medis, energi berkelanjutan, bahan
makanan dan makanan berkualitas tinggi produk, telematika dan teknologi
informasi dan komunikasi.
·
Paket stimulus yang kedua adalah memperbesar investasi di bidang sosial,
kesehatan dan pendidikan infrastruktur yang memiliki manfaat ekonomi dan sosial
yang jelas seperti, Program gedung sekolah yang akan menciptakan lapangan kerja bagi ribuan orang dalam proses konstruksi dan
renovasi.
·
Paket stimulus ketiga adalah mengambil keuntungan dari biaya rendah saat
rumah dibuat. Maksud dari stimulus ini adalah jadi subsidi silang untuk
kepemilikan rumah. Pemerintah awalnya akan memberikan lebih dari € 5 milyar
untuk membeli 50.000 rumah menuju memenuhi kebutuhan perumahan sosial saat ini.
35.000 rumah-rumah ini akan dijual sebagai perumahan yang terjangkau, sisanya
sebesar 15.000 rumah dijual dengan pajak barang mewah sehingga dapat menyerap
tenaga kerja yang banyak serta memajukan sektor industri dan perusahaan didalam
negeri.
Kesimpulan :
Kesimpulan artikel diatas bahwa
ekonomi empat sektor disuatu negara akan menentukan keberhasilan suatu negara
dalam mengelola sumber daya serta mengatur kebijakan untuk menjaga kepentingan
semua sektor yang berada didalamnya akan saling menguntungkan (Simbiosis
Mutualisme). Jika salah satu kebijakan dianggap hanya menguntungkan satu
sektor, namung sektor yang lain tidak, seperti kasus kebijakan ekonomi yang
dibuat pemerintah irlandia yang diharapkan akan baik pada sektor
ketenagakerjaan dinegara tersebut, malah menimbulkan pengangguran yang tidak
sedikit. Untuk itu, pemerintah hendaknya mementingkan kepentingan sektor lain
untuk menentukan kebijakan yang saling menguntungkan.
Dikutip
dari :
0 komentar:
Posting Komentar