Rabu, 20 November 2013

Tugas 2 : Teori Ekonomi 1

Teori Ekonomi 1
Analisis Jurnal Ilmiah dengan Tema Ekonomi





Disusun Oleh:
1.      Anyssa Riyan Puteri                               (21212010)
2.      Dini Labibah                                           (22212196)
3.      Eka Vidiaztuti Untari                             (22212420)
4.      Noor Mutia                                             (25212366)
5.      Trisna Nugraha Pamungkas                    (27212481)

Laporan yang Disusun untuk Memenuhi Tugas Teori Ekonomi 1 mengenai Analisis Jurnal Ilmiah dengan Tema Ekonomi
Dosen: Dr. Prihantoro

SMAK’6
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


Analisis Jurnal mengenai Gross Domestic Product (GDP)

Judul          : Dampak Biaya Modal Manusia pada Produk Domestik Bruto (PDB) di Nigeria
Nama Pengarang:
-          Sunday O. Effiok
Department of Accounting, Faculty of Management Sciences, University of Calabar
-          Arzizeh Tiesieh Tapang
Department of Accounting, Faculty of Management Sciences, University Of Calabar
-          Okon E. Eton
Department of Accounting, University of Port Harcourt, Port Harcourt, Rivers State, Nigeria
Tahun         : 13 Oktober 2012
Penerbit      : International Journal of Financial Research

Latar Belakang dan Masalah
Ø  Dasar Pemikiran
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sejauh mana biaya modal manusia mempengaruhi produk domestik bruto di Nigeria .
Sampai saat ini, sumber daya manusia diperlakukan sebagai beban dan dihapuskan pada akun laba dan rugi . Pengakuan itu ada diberikan kepada keterampilan tenaga kerja dalam akuntansi sumber daya manusia dan baru-baru ini pada modal intelektual . Penelitian ini mengadopsi desain survei untuk penelitian. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan Ordinary Least Square ( OLS ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya modal manusia dicerminkan oleh akuisisi , pengembangan , remunerasi dan perlindungan biaya yang dilakukan untuk mempengaruhi produk domestik bruto secara signifikan di Nigeria. Studi ini merekomendasikan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk instalasi dan pemeliharaan manajemen kualitas total di Nigeria guna memungkinkan tetap kompetitif di pasar global. Hal ini karena pendidikan, pelatihan dan pengembangan karyawan adalah kendaraan utama untuk membangun ekonomi dan kemampuan karyawan. Akhirnya , pemerintah harus mencoba untuk memahami dan menghargai nilai modal manusia karena merupakan faktor penentu yang paling penting untuk menjadi sukses.
Lingkungan ekonomi telah bergeser dari industri berbasis dengan fokus pada aset fisik seperti pabrik , mesin dan peralatan untuk teknologi , informasi dan inovasi berbasis lingkungan yang tinggi dengan fokus pada keahlian , bakat , kreativitas, keterampilan dan pengalaman orang-orang (human capital) perusahaan. Hal ini karena setiap bisnis memerlukan aset fisik serta sumber daya manusia untuk keberhasilannya . Tanpa sumber daya manusia, aset fisik seperti tanah, bangunan , tanaman , mesin dan bahkan gadget elektronik menjadi tidak produktif . Oleh karena itu , keberhasilan organisasi ini tergantung pada kualitas sumber daya manusia mereka.

Ø  Motivasi Penelititan
Dalam jurnal penelitian ini, peneliti ingin mengetahui sejauh mana biaya modal manusia mempengaruhi domestik bruto produk. Oleh karena itu, tujuan khusus dari penelitian ini meliputi :
1.      Untuk mengetahui sejauh mana biaya perolehan mempengaruhi produk domestik bruto .
2.      Untuk menentukan sejauh mana biaya pembangunan mempengaruhi produk domestik bruto .
3.      Untuk menentukan sejauh mana biaya remunerasi mempengaruhi produk domestik bruto.
4.      Untuk menentukan sejauh mana biaya perlindungan mempengaruhi produk domestik bruto .
Untuk menindaklanjuti dari tujuan peneliti, maka dibuatlah beberapa dugaan sementara atau hipetesis sebagai berikut:
1) Ho: Harga perolehan tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
2) Ho: Pengembangan biaya tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
3) Ho: Biaya remunerasi tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
 4) Ho: Biaya Perlindungan tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto.
Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah desain survei . Ini karena berusaha menjelaskan modal manusia biaya dan dampaknya terhadap variabel ekonomi seperti Produk Domestik Bruto ( PDB ) . Data diperoleh dari sumber-sumber sekunder seperti Bank Sentral Nigeria ( CBN ) , buku teks , gazettes , publikasi dan internet .



Hasil dan Analisis
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa biaya akuisisi tidak mempengaruhi produk domestik bruto . Hasil ini sejalan dengan temuan oleh Delaney dan Huselid ( 1996 ) , Koch dan McGrath ( 1996 ) yang menemukan bahwa investasi diakuisisi modal manusia cenderung memiliki dampak positif pada sejauh mana pembentukan dalam mengembangkan keterampilan / pengetahuan karyawannya . Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa biaya pembangunan sangat dan signifikan terkait dengan produk domestik bruto di Nigeria . Hasil ini sangat didukung oleh MacDuffie (1995 ) yang menemukan bahwa hubungan positif telah ditetapkan antara pelatihan karyawan dan domestik bruto produk .
Penelitian ini mengungkapkan bahwa biaya remunerasi tidak signifikan mempengaruhi produk domestik bruto di Nigeria . Temuan ini konsisten dengan temuan dari Shou - yi ( 2004) yang menemukan bahwa jika suatu Negara tidak membayar pekerjanya seperti yang direkomendasikan oleh Kesejahteraan Karyawan dan Standar Akuntansi Internasional Negara negatif memotivasi karyawan dan dengan demikian mereka terikat untuk melakukan di bawah ekspektasi . Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa biaya perlindungan tidak mempengaruhi produk domestik bruto .
dilindungi .

Kesimpulan
Sama seperti bidang akuntansi sumber daya manusia  yang telah berkembang secara global , bunga yang signifikan dalam HRA telah diperluas dan menyeberang ke bidang lain selain akuntansi termasuk ekonomi , manajemen organisasi dan organisasi budaya dan penelitian terkait terinspirasi . Studi ini telah mengeksplorasi bagaimana ukuran akuntansi sumber daya manusia digabungkan sistem pengukuran kinerja perusahaan dapat membantu organisasi menentukan dan mengatur strategi untuk sukses .
Manusia dengan pendekatan biaya sumber daya untuk pengukuran kinerja perusahaan yang telah mendapat perhatian yang cukup besar dan penggunaan dalam beberapa tahun terakhir memberikan peluang lebih lanjut untuk pemanfaatan ukuran akuntansi sumber daya manusia . Banyak penelitian telah berusaha untuk menunjukkan hubungan antara sumber daya manusia dan kinerja . Kami percaya bahwa walaupun kasus ini tidak kedap air, karena sejumlah alasan metodologis , bobot bukti yang mulai terlihat menarik .
Setelah mempertimbangkan temuan dari data yang dianalisis dan kesimpulan penelitian, Oleh karena itu penelitian menyarankan bahwa:
Ada kebutuhan mendesak untuk instalasi dan pemeliharaan manajemen kualitas total di Nigeria untuk memungkinkan tetap kompetitif di pasar global . Hal ini karena pendidikan, pelatihan dan pengembangan karyawan adalah hal yang utama dan terpenting.



Analisis Jurnal mengenai Gross National Product (GNP)

Judul          : Estimasi Prewar  Produk Nasional Bruto: Matodologi dan Bukti Baru
Nama Pengarang:  Nathan S. Balke and Robert J. Gordon
Tahun         : 16 Mei 2012
Penerbit      : Journal of Political Economy, Vol. 97, No. 1 (Feb., 1989), pp. 38-92

Latar Belakang dan Masalah
Ø  Dasar Pemikiran
Penelitian ini mengembangkan metedologi baru dalam estimasi preware  Gross National Product (GNP), karena sebelumnya tidak menggunakan data dan mengembangkan estimasi baru pasangan untuk periode 1869-1908 dan 1869-1928. Yang baru diantaranya sumber data utama adalah tindakan langsung dari output, komunikasi, sektor konstruksi, dan perkiraan indeks harga konsumen. Ini merupakan langkah nyata baru dari GNP, GNP Nominal, dan GNP tolok ukur yang dikembangkan. Pemikiran baru dari penelitian ini adalah rata-rata sebagian naik pada siklus usaha tradisional seperti seri Kznets-Kendrick, akan tetapi mempersuram amplitudo bari beberapa putaran sementara dan menaikkan amplitudo dari orang lain.
Dalam penelitian ini, peneliti membandingkan alternatif pendekatan “compo-nents” dan “indikator” untuk backasting  GNP nyata sebelum batas tanggal, misalnya pada tahun 1909. Peneliti menunjukkan informasi ini berdasarkan dari metode informasi yang tersedia. Peneliti mengembangkan bagian perkiraan empiris baru dari GNP nyata oleh kedua metode komponen dan indikator  untuk periode 1869-1908.
Perkiraan ini melebihi pendapat dari Kuznets, Gallman, Kendrick, dan Romer, yaitu membagi kedalam tiga arah. Pertama, tidak seperti penelitian sebelumnya yang mengembangkan estimasi output non komoditi sepenuhnya diasumsikan bahwa rasio atau regresi hubungan untuk komoditi produksi. Kedua, peneliti dan komponen indikator nyata darri perkiraan GNP untuk mengambil keuntungan dari penulisan Hoover (1960) dan Rees (1961) pada harga yang sebenarnya dibayar oleh konsumen selama periode sebelum Perang Dunia I. Ketiga, karena tidak ada perkiraan sebelumnya mengenai penurunan GNP sebelum 1919 telah membuat penggunaan studi indeks harga konsumen  Hoover-Rees. Peneliti mengambangkan perkiraan baru mengenai penurunan GNP dan time series  tersirat dari GNP nominal untuk melengkapi GNP riil seri selanjutnya.

Ø  Motivasi Penelititan
     Dalam tulisan ini peneliti mengambil batas tahun 1909 , tugas peneliti adalah estimasi GNP riil per tahun untuk periode 1869-1909 . Yang penting penyederhanaan perlakuan kita terhadap kualitas data pasca – 1909 sebagai homogen , sehingga mengabaikan perbaikan bertahap yang terjadi antara 1909 dan 1929. Masalah spesifik dalam mengembangkan perkiraan GNP riil untuk periode sebelum 1909 bahwa data hilang untuk sebagian besar sektor non - komoditas penghasil , khususnya perdagangan dan jasa .
Himpunan data yang tersedia untuk digunakan dalam memecahkan masalah ini inferensi dapat diklasifikasikan sebagai " komponen " atau " indikator . " Sebuah komponen adalah variabel yang merupakan elemen yang sebenarnya GNP riil , seperti pertanian atau output manufaktur . Indikatornya adalah variabel time-series yang berkorelasi dengan GNP riil dalam jangka waktu postborderline ketika nyata GNP diasumsikan diketahui . Contoh indikator meliputi indeks produksi industri , tingkat pengangguran , jumlah  izin bangunan , dan ton-mil dari lalu lintas kereta api . Beberapa variabel , seperti output manufaktur , dapat menjadi komponen GNP riil dan juga indikator , yaitu, berhubungan dengan GNP riil agregat setelah tanggal batas . Variabel lain , seperti hasil pertanian , mungkin menjadi komponen GNP riil tapi bukan indikator , memiliki korelasi yang rendah dengan GNP riil agregat setelah tanggal batas .
Ini klasifikasi data yang tersedia ke dalam komponen dan indikator menyediakan cara yang nyaman konseptualisasi isu yang terlibat dalam memperkirakan GNP riil preborderline . Komponen metode memperkirakan GNP melibatkan mendapatkan perkiraan berbagai komponen GNP baik secara langsung maupun tidak langsung dan menambahkan mereka bersama-sama . Ini metode yang digunakan oleh Kuznets untuk mendapatkan nya estimasi GNP asli.
Sementara ia menggunakan rasio diasumsikan untuk mengembangkan estimasi tidak langsung dari hilang sektor keluaran nonkomoditas atas dasar perilaku yang dikenal output komoditas , alternatif tingkat output di sektor yang hilang dapat diperkirakan dengan analisis regresi , menggunakan sebagai variabel penjelas perilaku satu atau lebih indikator dalam periode postborderline . Keuntungan dari metode komponen adalah bahwa informasi langsung pada tingkat GNP riil digunakan untuk sejauh dari data yang tersedia , dan perubahan struktur ekonomi di preborderline periode secara otomatis ditangkap sebagai bobot dari berbagai komponen berubah melalui waktu . Sebuah kemungkinan kerugian metode komponen adalah bahwa mungkin ada kesalahan pengukuran data pada satu atau lebih komponen individu, tetapi pengukuran kesalahan dapat mencemari indikator metode dengan cara yang sama . Metode Indikator melibatkan estimasi regresi agregat GNP riil pada satu set dari satu atau lebih variabel (yang dapat komponen atau indikator ) untuk periode estimasi dan postborderline menerapkan hubungan ini dengan periode backcast preborderline . Kuznets ini " seri regresi " adalah versi single- variabel indikator metode , berdasarkan penggunaan output komoditas sebagai satu-satunya indikator .

Kesimpulan
Penelitian ini telah mengembangkan perkiraan baru GNP riil , nominal PDB , dan deflator GNP untuk periode 1869-1928 . Perkiraan kami melampaui karya sebelumnya Kuznets , Kendrick , GALLMAN , dan Romer oleh menggunakan tiga set informasi yang sebelumnya belum pernah diterapkan dengan estimasi agregat GNP sebelum 1919. ini termasuk yang terkait Hoover - Rees - Biro Statistik Tenaga Kerja CPI, terkait Frickey - Kendrick indeks transportasi dan komunikasi output, dan indeks Gottlieb output konstruksi. Tidak ada informasi dalam tiga set telah diciptakan untuk studi ini , melainkan , setiap set diciptakan 20 tahun lalu atau lebih , dan kontribusi kita memiliki berkunjung ke ekstrak dari set ini data implikasi baru yang ada untuk perilaku GNP , baik riil dan nominal . Dalam menerapkan informasi baru ini untuk estimasi sebelum perang GNP , kami telah membuat empat kontribusi besar . Pertama , kami melengkapi pembahasan sebelumnya dari pendekatan indikator berbasis regresi dengan menganalisa pendekatan komponen , yang menggunakan statistik regresi untuk backcast komponen sisa dari GNP yang tidak ada dasar data yang ada , saat menggunakan nilai yang sebenarnya dari komponen yang datanya dilakukan ada. Kami menunjukkan bahwa pendekatan komponen membuat lebih baik menggunakan data yang tersedia ketika ada perubahan sekuler dalam saham GNP komponen utama . Meskipun kami menilai komponen metode untuk unggul dalam teori , dalam praktek dua metode hasil kesimpulan hampir sama tentang sebelum perang GNP volatilitas kami periode sampel . Kedua , penggunaan data tambahan pada output sektoral secara substansial meningkatkan fit dari persamaan regresi untuk 1909-1928 atau 1909-1938 dan menghilangkan masalah korelasi serial residu yang jelas ketika variabel output komoditas tunggal digunakan . Tidak ada sistematis Kecenderungan output backcast menjadi lebih lemah bila tambahan variabel penjelas termasuk dalam persamaan regresi , mengejutkan hasil yang mencerminkan korelasi negatif antara komoditas dan output konstruksi selama bagian dari periode backcast . Sebaliknya , penggunaan variabel penjelas beberapa mengubah pola siklus bisnis diperkirakan sebelum 1909, meredam fluktuasi keluaran selama 1869-1876 dan 1880-1892 sementara fluktuasi penguatan selama 1877-1879 dan 1901-6 . Ketiga , penggunaan Hoover - Rees CPI seri membawa kita untuk berpendapat bahwa deflator implisit untuk Shaw komoditas seri keluaran standar implausibly volatile, dan kita mengembangkan alternatif backcast GNP riil seri di mana komponen konsumsi riil GNP dan komoditas seri output redeflated oleh CPI . Untuk menghindari berlebihan ketergantungan hasil kami pada tahap ini , GNP akhir nyata kita seri ini didasarkan pada rata-rata yang dikembangkan dengan konvensional dan deflator alternatif. Keempat , kami menggunakan seri CPI memungkinkan pengembangan baru estimasi deflator GNP , berbeda dengan sebelumnya Kuznets deflator , yang didasarkan sepenuhnya pada komponen harga grosir indeks dan , akan kembali dalam waktu , menjadi lebih dan lebih tergantung pada harga barang mentah dan setengah jadi . Kami GNP deflator baru kurang siklis stabil daripada deflator standar dan , di samping itu, mengimbangi tingkat yang diperkirakan sebelumnya dari nineteenthcentury akhir deflasi dan pemulihan selanjutnya harga antara 1896 dan 1914 .



Analisis Jurnal mengenai National Income (NI)

Judul          : Pengeluaran Pemerintah dan pendapatan nasional: Tes Kausalitas untuk Nigeria
Nama Pengarang: Omoke Philip Chimobi
Tahun         : 2009
Penerbit      : European Journal of Economic and Political Studies

Latar Belakang dan Masalah
Ø  Dasar Pemikiran
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji arah kausalitas antara Pengeluaran pemerintah dan Pendapatan Nasional di Nigeria menggunakan data tahunan untuk periode 1970-2005. Ekonometrik metodologi yang digunakan adalah Kointegrasi dan Uji kausalitas Granger. Pertama , sifat stasioneritas dari data dan urutan integrasi data yang diuji menggunakan Augmented Dickey - Fuller ( ADF ) dan ( PP ) uji Phillip - Perron . Kami menemukan bahwa variabel yang dalam tingkat non - stasioner, tetapi stasioner pada perbedaan pertama. Kami menerapkan Johansen multivariat pendekatan kointegrasi untuk menguji hubungan jangka panjang antar variabel.
Hasil kami menunjukkan tidak ada hubungan jangka panjang antara pengeluaran Pemerintah dan Pendapatan Nasional di Nigeria . Uji kausalitas The Granger mengungkapkan bahwa kausalitas berjalan dari Pengeluaran pemerintah terhadap Pendapatan Nasional . Hasil ini menunjukkan bahwa pengeluaran  Pemerintah memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Nigeria .

Ø  Motivasi Penelititan
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji arah kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional di Nigeria. Jawaban atas pertanyaan apakah peningkatan pengeluaran pemerintah adalah penyebab pertumbuhan ekonomi atau pertumbuhan ekonomi adalah penyebab meningkatnya pengeluaran pemerintah terutama penting bagi Nigeria di mana sektor publik menyerap relatif besar berbagi sumber daya ekonomi negara.
Hubungan antara belanja publik dan pendapatan nasional telah menjadi dua subyek proposisi bersaing . Yang pertama dan yang lebih populer adalah hukum Wagner. Hukum Wagner mengusulkan bahwa ada kecenderungan jangka panjang untuk belanja publik relatif tumbuh terhadap beberapa agregat pendapatan nasional seperti Produk Domestik Bruto ( PDB ) . Dengan kata lain , kausalitas hubungan antara belanja publik dan pendapatan nasional berjalan dari pendapatan nasional untuk belanja publik . Kedua, proposisi dikaitkan dengan Keynes . Keynes , pengeluaran publik adalah faktor eksogen dan instrumen kebijakan untuk meningkatkan pendapatan nasional . Akibatnya, dia percaya bahwa kausalitas hubungan antara belanja publik dan Pendapatan nasional berjalan dari pengeluaran terhadap pendapatan .
Hubungan kausal antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional menjadi subyek dari banyak studi empiris bagi maju dan berkembangnya ekonomi. Namun, dua studi tersebut untuk Nigeria dan dua temuan studi yang saling bertentangan dan bertentangan satu sama lain, sedangkan Essien (1997) menemukan tidak ada kausalitas antara belanja publik dan pendapatan nasional. Aregbeye (2006) melaporkan kausalitas dua arah antara total belanja pemerintah dan penghasilan nasional. Dengan demikian, penelitian ini berupaya untuk memperpanjang untai literatur dengan meneliti hubungan kasual antara belanja pemerintah dan Pendapatan nasional di Nigeria untuk periode 1970-2005.
Penelitian ini menggunakan metodologi Granger Causality untuk menentukan arah kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional, uji ekonometrik ini didahului dengan stasioneritas dan uji kointegrasi pada variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sebelum melakukan tes kausalitas Granger, harus ditemukan variabel individual atau stasioner, jika kedua variabel non stasioner, mereka harus terkointegrasi. Ini berarti bahwa tes untuk stationarity dan uji kointegrasi harus mendahului uji kausalitas Granger

Hasil dan Analisis
Ini melibatkan pengujian untuk stasioneritas dari variabel individu menggunakan Augmented Dickey Fuller (ADF) dan Phillips - Perron (PP) tes untuk mencari keberadaan
akar unit di masing-masing time series. Hasil dari kedua ADF dan tes PP adalah
dilaporkan dalam Tabel di bawah ini:
Tabel 4.1 ADF dan uji Stasioneritas PP di Tingkat
Variables
ADF
ADF  (Intercept  &
PP (Intercept)
PP  (Intercept  &

(Intercept)
Trend)
Trend)










LGE
-2.102(-
-1.819(-4.243)*
-2.072(-
-1.753(-4.243)*

3.632)*
3.632)*











LGNI
-0.502(-
-1.750(-4.252)*
-0.502(-
-1.639(-4.243)*

3.632)*
3.632)*












Catatan: Signifikansi pada tingkat 1%. Angka dalam kurung menunjukkan nilai-nilai kritis. Mackinnon (1991) nilai kritis untuk penolakan hipotesis unit root diterapkan.
Sumber: Estimasi Penulis menggunakan Eviews 6.0.
Tabel 4.1 di atas menunjukkan bahwa semua variabel tidak stasioner dalam tingkat. Ini dapat dilihat dengan membandingkan nilai yang diamati (secara absolut) dari kedua ADF
dan uji statistik PP dengan nilai kritis (juga secara absolut) dari uji statistik pada 1%, 5% dan 10% tingkat signifikansi. Hasil dari tabel memberikan bukti kuat non stasioner. Oleh karena itu, hipotesis nol diterima dan itu adalah cukup untuk menyimpulkan bahwa ada kehadiran unit root dalam pada tingkat variabel, berikut dari hasil di atas, semua variabel yang dibedakan sekali dan kedua ADF dan PP tes dilakukan pada mereka, hasilnya seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini

4.2 ADF dan uji Stasioneritas PP di Selisih Pertama













Variables
ADF
ADF (Intercept &
PP (Intercept)
PP  (Intercept  &

(Intercept)
Trend)
Trend)










LGE
-6.545(-
-6.735(-4.252)*
-6.545(-3.639)*
-6.914(-4.252)*

3.639)*












LGNI
-4.258(-
-4.185(-3.548)**
-4.258(-3.639)*
-4.185(-3.548)**

3.639)*












Catatan: * dan ** menandakan Signifikansi pada tingkat 1% & 5%, masing-masing. angka-angka dalam kurung menunjukkan nilai-nilai kritis. Mackinnon (1991) nilai kritis untuk penolakan dari hipotesis unit root diterapkan. Sumber: Estimasi Penulis menggunakan Eviews 6.0.
Tabel 4.2 di atas menunjukkan bahwa semua variabel yang stasioner pada first difference, atas dasar ini, hipotesis nol non-stasioner ditolak dan aman untuk menyimpulkan bahwa variabel yang stasioner. Hal ini menunjukkan bahwa variabel terintegrasi orde satu, yaitu 1 (1).

Kesimpulan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional dengan menguji hipotesis Wagner di Nigeria . Peneliti menggunakan metode kointegrasi Johansen - Juselius untuk mendeteksi
hubungan jangka panjang antara pendapatan nasional riil per kapita dan pengeluaran riil per kapita pemerintah di Nigeria . Hasil Johansen bivariat kointegrasi mengungkapkan bahwa ada hubungan jangka panjang antara variabel-variabel stasioner ada. Hasil tes  kausalitas Granger itu menunjukkan bahwa hukum Wagner didukung oleh data digunakan dalam sampel diatas. Ini berarti ada hubungan sebab akibat berjalan dari pengeluaran Pemerintah dengan pendapatan nasional . Temuan peneliti juga menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Nigeria. Hal ini dapat diterima karena secara luas diyakini bahwa pemerintah telah memainkan beberapa peran penting dalam pembangunan negara . Implikasinya adalah bahwa peningkatan pengeluaran pemerintah akan menghasilkan peningkatan yang positif dalam pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan nasional , lebih dari itu, ketika disuntikkan dalam program pembangunan jangka panjang.



TAX
Tema                                                   :   Tax Systems
Judul                                                   : The Effects of Tax Structure on Economic Growth and Income Inequality
Nama Pengarang/Tahun/Penerbit        : Ramot Immanuel Apricano Lumbantobing and Masaru Ichihashi/2012/Hiroshima University

Latar Belakang & Masalah
Perundang-undangan tarif pajak pendapatan perusahaan sangat negatif dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksetaraan pendapatan dengan mengendalikan berbagai faktor penentu lain pertumbuhan dan distribusi pendapatan. Namun tarif pajak penghasilan pribadi tidak berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan ketidaksetaraan pendapatan. Selain itu dengan mengelompokkan negara menjadi kelompok pajak berdasarkan tarif rata-rata atas perundang-undangan pajak pendapatan perusahaan (Coorporate Income Tax), justru akan ditemukan ketidaksetaraan pendapatan yang signifikan.

Dasar Pemikiran
Kesenjangan pendapatan antara miskin dan kaya telah menjadi masalah serius setiap negara di seluruh dunia. Pengurangan kemiskinan absolut tidak menghasilkan distribusi pendapatan yang setara, meskipun itu biasanya berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Laporan OECD ketidaksetaraan (2011) menegaskan bahwa ketidaksetaraan di seluruh dunia berkembang cepat. Widmalm (2001) menemukan bahwa pajak penghasilan pribadi berhubungan negatif dengan pertumbuhan, dan pajak pendapatan perusahaan tidak berkorelasi dengan pertumbuhan sama sekali. Dia beranggapan bahwa struktur pajak tidak berubah selama periode seluruh sampel dan desain pendapatan pajak di semua negara dalam studi adalah sama. Sebaliknya, Padovano dan Galli (2002) berpendapat bahwa pajak rata-rata harga menyebabkan beberapa bias yang pada gilirannya mengarah pada kesimpulan bahwa pajak tidak memiliki dampak pada pertumbuhan karena kemungkinan korelasi tinggi dengan rata-rata pengeluaran fiskal.  Lee dan Gordon (2005) memperdebatkan argumen ini karena diperkirakan tarif pajak cenderung bias karena adanya masalah pajak yang menghadapi banyak negara. Arnold (2008) mendukung hasil Lee dan Gordon (2005). Ia menemukan bahwa tingkat CIT dapat mengurangi kinerja ekonomi negara. Dia membandingkan pajak progresif dan indikator pajak lainnya seperti pajak konsumsi dan pajak properti. 
Sedangkan Auerbach (2006) meninjau konsep insiden pajak dan bukti tentang yang benar-benar menanggung beban CIT. Ia diringkas bahwa para pemegang saham dapat menanggung CIT beban dalam jangka pendek dan jangka panjang karena mereka tidak mampu menggeser pajak perusahaan modal. Para penulis mempelajari dampak ini mempekerjakan data untuk 35 negara selama periode 1981-2005.  Beberapa studi telah dinilai dampak CIT dan tingkat lubang pada ketidaksetaraan pendapatan. Sebagai contoh, Claus, Martinez-Vazquez dan Vulovic (2012) membahas peran kebijakan fiskal, terutama pajak dan pengeluaran pemerintah untuk mendistribusikan kembali income.2 dengan memanfaatkan data panel yang terdiri dari 150 negara untuk periode antara tahun 1970 dan 2009; mereka menemukan bahwa CIT dan PIT cenderung menjadi progresif atas waktu dan efektif redistribusi pendapatan. Temuan ini juga dikonfirmasi oleh Cornia, Gómez dan Martorano (2012).

  Tujuan Penelitian:
Menyelidiki bagaimana sistem pajak bekerja sehingga mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dan distribusi pendapatan melalui penggunaan panel dataset lintas data yang terdiri dari 65 negara selama periode 1970-2006. Dengan menggunakan tingkat atas hukum perusahaan dan pajak pendapatan pribadi, jurnal ini memperkirakan dampak dari struktur pajak ketidaksetaraan pertumbuhan dan pendapatan ekonomi. Untuk estimasi analisis, berlaku OLS, efek acak dan efek tetap estimasi.

Hasil dan Analisis :
Penelitian ini menemukan dukungan untuk hipotesis bahwa tingkat CIT berdampak negatif baik pada pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan . Namun , tarif pajak penghasilan pribadi tidak signifikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi , yang konsisten dengan literatur sebelumnya ( Lee dan Gordon , 2005 ) . Ada dua penjelasan karena temuan ini . Pertama , sebagian besar kelompok pendapatan terendah tidak membayar pajak penghasilan pribadi karena adanya ambang batas / individu tunjangan bebas pajak atau pengurangan ( Claus , I. , Martinez - Vazquez , J. , & Vulovic , V. , 2012) . Kedua , orang kaya cenderung lebih sensitif terhadap perubahan dalam tarif pajak , dan mereka dapat menyembunyikan pendapatan mereka . Oleh karena itu, ada banyak penggelapan / penghindaran pajak pada kegiatan kelompok pendapatan tertinggi (Diamond & Saez , 2011) . Hal ini juga menemukan bahwa ketimpangan pendapatan menurun di negara-negara yang memiliki tarif pajak penghasilan badan yang relatif tinggi . Mengikuti teori sederhana dan tertua dari insiden pajak perusahaan adalah bahwa pajak jatuh pada pemegang saham perusahaan sesuai dengan porsi kepemilikannya mereka. Dengan demikian , teori ini menunjukkan bahwa pangsa individu kepemilikan sangat terkonsentrasi di antara kelompok pendapatan yang lebih tinggi dengan asumsi pajak perusahaan sebagai pajak progresif ( Auerbach , 2006) .
Makalah ini menawarkan tiga rekomendasi kebijakan dari analisis dampak struktur pajak penghasilan terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan . Pertama , adalah penting untuk mengembangkan desain sederhana menjadi sistem pajak karena negara-negara yang mampu memobilisasi sumber daya pajak melalui struktur pajak yang mencakup luas administrasi dan pelaksanaan yang efisien. Umumnya , sistem pajak yang efisien adalah salah satu yang mengurangi efek disinsentif perpajakan untuk bekerja , menabung dan berinvestasi dengan menggunakan struktur pajak penghasilan berbasis luas . Oleh karena itu , reformasi pajak di Asia dan Eropa harus demikian fokus pada meningkatkan penegakan pajak dan memperluas basis pajak mereka dengan meminimalkan insentif pajak , pembebasan dan tunjangan , yang akan mengurangi biaya administrasi perpajakan dan menyebabkan peningkatan penerimaan pajak . Peningkatan penerimaan pajak akan memungkinkan keuntungan pemerintah yang lebih besar untuk mencapai distribusi yang lebih setara kekayaan dan pendapatan .
Kedua , karena tingkat pajak pribadi tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan dan kesenjangan pendapatan , pemerintah harus fokus untuk mengurangi penghindaran pajak, yang diyakini terjadi pada kelompok pendapatan tertinggi yang bisa mendistorsi ekuitas horizontal dan vertikal dalam mendistribusikan pendapatan .
Kesimpulan 
Pada akhirnya, berpenghasilan sangat tinggi atau kelompok pendapatan tertinggi harus dikenakan tarif pajak marjinal tinggi dan meningkat, terutama di atas tarif pajak wajib . Jurnal ini menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi hukum tarif CIT di atas 40 % dapat mengurangi kesenjangan pendapatan antara kaya dan miskin , sesuai dengan penelitian oleh Diamond dan Saez ( 2011) . Oleh karena itu, pemerintah harus fokus pada meminimalisasi kegiatan penghindaran pajak seperti memperluas basis pajak perusahaan dan mempromosikan penegakan pajak penghasilan .



SUBSIDY
Tema                                                   :    Effect of Subsidy on
Judul                                                   : REDUCING POVERTY THROUGH SUBSIDIES: SIMULATION OF FUEL SUBSIDY DIVERSION TO NON-FOOD CROPS
Nama Pengarang/Tahun/Penerbit        :  Indra Maipita, Wawab Hermawan, dan Fitrawaty

Latar Belakang & Masalah
Peningkatan drastis harga minyak dunia sejak 2008 (Reyes, at.al, 2009; FAO, 2008), posisi pergeseran Indonesia dari eksportir minyak menjadi importir total, dan pertumbuhan kebutuhan pada bahan bakar membuat beban subsidi semakin besar dan membuat anggaran nasional defisit. Di sisi lain, berbagai studi berpendapat bahwa subsidi BBM yang tidak efisien karena sebagian besar subsidi keluar target dan diterima oleh masyarakat non-miskin. Masalah subsidi BBM telah menjadi diskusi hangat, dengan berbagai topik, seperti melihat pertunjukan besar subsidi bahan bakar akan meletakkan beban pada anggaran negara? Haruskah ditargetkan? Haruskah subsidi bahan bakar perlu dilanjutkan? Bagaiamana jalan keluar dari jebakan subsidi bahan bakar? 

Dasar Pemikiran
Dalam mengurangi beban anggaran di Indonesia, pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan fiskal seperti penghapusan bertahap subsidi bahan bakar dengan Keputusan Presiden No. 55 tahun 2005; sisa bahan bakar subsidi akan dihapuskan meskipun waktu pelaksanaan belum ditentukan namun (ujar Bank, 2005). Penghapusan subsidi bahan bakar akan memicu kenaikan harga komoditas lain, menimbulkan inflasi, menurunkan daya beli (pendapatan real) dan bisa menyebabkan peningkatan tingkat kemiskinan.  Kemiskinan masih merupakan masalah krusial dan menjadi dianggap sebagai fenomena yang sangat kompleks untuk setiap negara (Hung dan Makdissi, 2004; Marianti dan Munawar, 2006, Maipita et al, 2010). Bahkan pengentasan kemiskinan telah menjadi tujuan utama dari kebijakan publik di hampir semua masyarakat industri (Moller, at.al, 2003). Pemerintah di negara membuat upaya besar untuk meringankan masalah melalui instrumen mereka fiskal.  Ada beberapa fakta yang berkaitan dengan bidang kemiskinan dan pertanian; (1) sebagian besar penduduk miskin di pedesaan penghidupan didominasi sektor pertanian, (2) pengalaman selama krisis moneter 1998 menunjukkan bahwa sectoris pertanian salah satu sektor beberapa yang tetap bertahan terhadap krisis, (3) pertanian menghasilkan makanan dan bahan baku untuk industri dan sektor jasa, (4) employmentin sectoris pertanian yang sangat fleksibel, sehingga pertanian dapat serveas jaring pengaman (kelangsungan hidup sektor) dalam keadaan darurat (wartawan2001; Hafizrianda, 2007; Bautista, 2000; Maipita et al, 2010; Maipita, 2011). Studi yang dilakukan oleh Suselo dan Tarsidin (2008) menyatakan bahwa pertanian, perkebunan dan Perikanan adalah sektor yang memiliki tertinggi tingkat kemiskinan dan elastisitas kemiskinan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Selain itu, paradigma baru pengembangan pertanian menempatkan industrialisasi pertanian yang dipimpin sebagai strategi industrialisasi yang berfokus pada program pembangunan di sektor pertanian karena dianggap sesuai harus dilakukan di negara-negara berkembang (Susilowati, 2008). Mulai dari uraian di atas, kita meningkatkan pertanyaan tentang bagaimana jika subsidi dipindahkan ke sektor Non-makanan tanaman.

Tujuan Penelitian:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak dari pengalihan subsidi bahan bakar (dari tanaman pangan untuk Non-makanan tanaman) pada levelof incomeand kemiskinan di Indonesia.  Tulisan ini menganalisa dampak dari pengalihan subsidi bahan bakar untuk sektor Non-makanan tanaman pada tingkat pendapatan, menggunakan AGEFIS; model keseimbangan umum multisektoral yang dapat dikomputasi. Kemudian kita lanjutkan untuk menerapkan indeks Foster-Greer-Thorbecke (FGT) untuk mengukur indikator kemiskinan (jumlah kepala index, indeks kesenjangan dan kemiskinan severity index).

Hasil dan Analisis :
I.     subsidi adalah pembayaran pemerintah kepada perusahaan dan rumah tangga dengan tujuan tertentu memungkinkan mereka untuk menghasilkan atau untuk mengkonsumsi produk dalam jumlah besar dengan harga murah. Subsidi canbe dalam bentuk pembayaran transfer (seperti makanan stamps dan subsidi perumahan), dan bantuan dalam sektor pertanian (Ericson, et.al, 1998). Barang formof, subsidi pada spesifik goodsis dilakukan dengan memberikan jumlah tertentu kepada konsumen tanpa pembayaran atau di bawah harga pasar (Handoko dan Patriadi, 2005).  Di negara berkembang, subsidi signifikan sebagai instrumen fiskal untuk meningkatkan produktivitas dan peningkatan kesejahteraan (Norton, 2004). Subsidi adalah sebuah bentuk efisien pemerintah transfer sebagai sarana untuk redistribusi kekayaan di seluruh rumah tangga, atau antara produsen dan konsumen. Dengan fundamenta ini limportance, subsidi tetap instrumen kebijakan yang bahkan di negara-negara maju.  Dari theinstitutionalside, pajak yang lebih rendah dan peningkatan subsidi dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga, maka daya beli mereka. Selain itu, pendapatan yang lebih tinggi dapat mendukung rumah tangga lebih besar» konsumsi (Simorangkir dan Adamanti, 2010). Namun, sebagai sebelumnya diuraikan, subsidi memiliki dampak negatif pada alokasi inefisiensi, penggunaan berlebihan masukan, dan kemungkinan Miss target (Basri, 2002).  Secara keseluruhan, skenario thepolicy untuk mengalihkan subsidi bahan bakar untuk Non-makanan tanaman pertanian memberikan dampak positif terhadap peningkatan penghasilan bagi semua kelompok rumah tangga (Tabel 1). Hal ini karena sebagian besar rumah tangga yang berhubungan dengan Non-makanan Cropssector, asworkers baik, pemilik tanah ora s serta pengusaha di sektor ini. Peningkatan Penghasilan jauh lebih besar untuk rumah tangga di desa dari kota, karena pertanian alami terletak di desa. Dari tabel 1, hasilnya menunjukkan lebih besar thesubsidy dialihkan, semakin besar peningkatan tingkat pendapatan rumah tangga.  Pengalihan subsidi meningkatkan aktivitas sektor Penerima dan menciptakan peluang morejob. Banyak peneliti berpendapat bahwa pekerjaan adalah keytoescape dari kemiskinan, dan mengurangi kemiskinan melalui subsidi: simulasi pengalihan subsidi bahan bakar untuk peningkatan pekerjaan Non-makanan tanaman 361 sangat penting untuk mengurangi ketimpangan (Bluestone dan Harrison2000). Rumah tangga dengan anggota rumah tangga bekerja memiliki kurang kemungkinan menjadi miskin (Hills 2004; Lohmann 2009). IV. hasil dan analisis subsidi adalah pembayaran pemerintah kepada perusahaan dan rumah tangga dengan tujuan tertentu memungkinkan mereka untuk menghasilkan atau untuk mengkonsumsi produk dalam jumlah besar dengan harga murah. Subsidi canbe dalam bentuk pembayaran transfer (seperti makanan stamps dan subsidi perumahan), dan bantuan dalam sektor pertanian (Ericson, et.al, 1998). Barang formof, subsidi pada spesifik goodsis dilakukan dengan memberikan jumlah tertentu kepada konsumen tanpa pembayaran atau di bawah harga pasar (Handoko dan Patriadi, 2005).  Di negara berkembang, subsidi signifikan sebagai instrumen fiskal untuk meningkatkan produktivitas dan peningkatan kesejahteraan (Norton, 2004). Subsidi adalah sebuah bentuk efisien pemerintah transfer sebagai sarana untuk redistribusi kekayaan di seluruh rumah tangga, atau antara produsen dan konsumen. Dengan fundamenta ini limportance, subsidi tetap instrumen kebijakan yang bahkan di negara-negara maju.  Dari theinstitutionalside, pajak yang lebih rendah dan peningkatan subsidi dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga, maka daya beli mereka. Selain itu, pendapatan yang lebih tinggi dapat mendukung rumah tangga lebih besar» konsumsi (Simorangkir dan Adamanti, 2010). Namun, sebagai sebelumnya diuraikan, subsidi memiliki dampak negatif pada alokasi inefisiensi, penggunaan berlebihan masukan, dan kemungkinan Miss target (Basri, 2002).  Secara keseluruhan, skenario thepolicy untuk mengalihkan subsidi bahan bakar untuk Non-makanan tanaman pertanian memberikan dampak positif terhadap peningkatan penghasilan bagi semua kelompok rumah tangga (Tabel 1). Hal ini karena sebagian besar rumah tangga yang berhubungan dengan Non-makanan Cropssector, asworkers baik, pemilik tanah ora s serta pengusaha di sektor ini. Peningkatan Penghasilan jauh lebih besar untuk rumah tangga di desa dari kota, karena pertanian alami terletak di desa. Dari tabel 1, hasilnya menunjukkan lebih besar thesubsidy dialihkan, semakin besar peningkatan tingkat pendapatan rumah tangga.  Pengalihan subsidi meningkatkan aktivitas sektor Penerima dan menciptakan peluang morejob. Banyak peneliti berpendapat bahwa pekerjaan adalah keytoescape dari kemiskinan, dan mengurangi kemiskinan melalui subsidi: simulasi pengalihan subsidi bahan bakar untuk peningkatan pekerjaan Non-makanan tanaman 361 sangat penting untuk mengurangi ketimpangan (Bluestone dan Harrison2000). Rumah tangga dengan anggota rumah tangga bekerja memiliki kurang kemungkinan menjadi miskin (Hills 2004; Lohmann 2009).
II.  Suselo dan Tarsidin(2008), yang menyimpulkan bahwa yang paling tepat strategi untuk mengurangi kemiskinan adalah untuk memberikan lebih attentionon pertanian, perkebunan dan perikanan.

Kesimpulan :
karya ini menyediakan dua kesimpulan, pertama, pengalihan subsidi bahan bakar untuk sektor Non-makanan tanaman memberikan dampak positif pada peningkatan pendapatan rumah tangga dan pengurangan kemiskinan. Hal ini memerlukan penyelidikan yang sub-sektor Non-makanan Cropss hould menjadi target dengan dampak yang dominan pada pengurangan kemiskinan, dan juga mekanisme transfer subsidi. Kedua, pengalihan subsidi bahan bakar untuk sektor Non-makanan tanaman memberikan dampak positif yang lebih baik untuk rumah tangga pedesaan dari rumah tangga perkotaan. 
Dikutip dari :  

Kelemahan dan Keuntungan GNP (Gross National Product)

Judul   :
 Revisions to Official Data on U.S. GNP: A Multivariate Assessment of Different Vintages (Revisi Data resmipada AS GNP: Kajianmultivariasi Vintages berbeda)
NamaPengarang/Tahun/Penerbit :
 K. D. Pattersonand S. M. Heravi/2004/Journal of Official Statistics, Vol. 20, No. 4, 2004, pp. 573–602

LatarBelakang&Masalah                
Ø  DasarPemikiran
Meskipun ada sastra besar pada revisi data yang diterbitkan oleh badan-badan resmi, relative sedikit pekerjaan yang telah dilakukan pada multivarian aspek dari proses pengukuran data (DMP), memproduksi berbagai vintages GNP variabel. Hal ini terutama untuk seri non stationary waktu.
Dengan focus pada kenyataan Produk Nasional Bruto (PNB) di U.S ,penulis berusaha menunjukkan bahwa sejumlah pertanyaan menarik dapat dijawab dalam rangka multi varian. Mendefinisikan DMP "berperilaku" sebagai satu hasil kecenderungan stokastik tunggal dalam beberapa set data vintage, penulis kemudian dapat menilai apakah ini adalah kasus GNP.
Oleh karena itu peneliti ingin menunjukkan bahwa ide tunggal representasi vintage (final) berhubungan dengan gagasan bahwa revisi data yang muncul melalui pengukuran kesalahan dan kontras, berpengaruh juga pada interpretasi revisi sebagai kesalahan ramalan. Juga, adanya beberapa vintages GNP memungkinkan pendekatan yang berbeda untuk meneliti banyak pertanyaan apakah GNP memiliki akar unit.
Peneliti juga ingin menunjukkan pentingnya konsep exogeneity lemah, dan bagaimana tes untuk stationarity revisi dan keseragaman vintages dapat dirumuskan dan diuji.

Ø  MotivasiPenelitian
Beberapa pertanyaan yang timbul dalam rangka multivarian memotivasi penulis untuk meneliti dan menguji kebenaran sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menyelesaikan masalah yang ada. Seperti pertanyaan berikut ini:
1.      Apakah Vintages yang berbeda berbagi gerakan jangka panjang yangbsama?
2.      Apakah Vintages yang berbeda berbagi gerakan jangka pendek yang sama?
3.      Bisakah kita hanya menggunakan satu vintage data?
4.      Apakah revisi data timbul dari pengukuran kesalahan atau efisien Prakiraan?
5.      Bisakah kita lebih banyak membicarakan tentang perdebatan "Apakah ada akar unit di US GNP?"?
Dan lain-lain
Penulis kemudian meneliti dan menguji segala hal yang bersangkutan dengan permasalahan yang timbul. Menggunakan beberapa metode yang juga pernah dipakai oleh peneliti terdahulu untuk menguji materi yang sama maupun tidak sama.

Hasil dan Analisis 
Awal penelitian ini adalah diskusi tentang isu-isu yang banyak data digunakan untuk menganalisis agregat hubungan ekonomi pertama diterbitkan dalam bentuk awal dan kemudian direvisi, kadang-kadang cukup luas, sebelum menjadi apa yang dapat dianggap sebagai data "akhir". Revisi data, dan khususnya bagi GNP, focus dari studi ini, timbul karena beberapa alasan. Sebagai contoh, diberi definisi konstan dan metodologi, Biro Analisis Ekonomi (BEA) harus menyeimbangkan ketepatan waktu dan informasi yang tidak lengkap dan karena itu pada waktunya, karena lebih banyak sumber data dimasukkan, hal ini menimbulkan revisi.
            Dengan demikian, sosok untuk GNP diterbitkan secepat mungkin setelah periode telah berakhir, dengan pengetahuan bahwa beberapa komponen GNP telah didasarkan pada informasi kurang lengkap dan, sebagai akibatnya, akan disempurnakan sebagai informasi yang hilang menjadi tersedia. Ini mengarah ke pandangan bahwa revisi muncul dari perhitungan kesalahan; pandangan lain adalah bahwa data awal dibangun sebagai ramalan efisien data kemudian.
Selainitu, terutama dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi beberapa perkembangan penting dalam struktur macroeconomy yang memiliki implikasi untuk pengukuran GNP pada mengukur ekonomi "baru". Dengan demikian, bersama-sama dengan proses biasa revisi diberikan definisi yang konstan, ada perubahan yang timbul dari pengembangan ekonomi "baru"; sebagai contoh, perangkat lunak computer telah direklasifikasi dari produksi menengah untuk investasi, sehingga meningkatkan GNP. Dalam pengembangan yang terkait, amalan pemeliharaan beban tetap selama lima tahun atau lebih dalam membangun harga dan kuantitas indeks ketika produk baru, misalnya, telepon selular, computer dan game komputer, yang diperkenalkan cenderung mendistorside komposisi nilai kedalam harga dan kuantitas. Perubahan terbaru metodologi sepenting ini pindah ke rantai harga dan kuantitas indeks; bergerak bahwa telah menggema dalam perkembangan di banyak Negara Eropa.
                                                                                                                                     
Kesimpulan 
Ide sentral dari studi ini adalah bahwa revisi data harus berkaitan satu sama lain sebagai bagian dari proses keseluruhan. Yang ada kecenderungan untuk seri- yaitu, kecenderungan untuk gerakan berkelanjutan dalam satu arah selama jangka waktu yang cukup panjang. Tren ini mungkin ditandai sebagai stasioner penyimpangan di sekitar kecenderungan deterministic atau, sebagai sebuah tren stokastik, menjadi jumlah kumulatif dari masa lalu yang menghasilkan non stationarity data. Kami analisis multivariate dari perbedaan ini atas tren stokastik. Sekarang, mengingat bahwa revisi GNP efektif menghasilkan beberapa waktu berbeda seri (vintages berbeda) untuk variabel yang sama, dan masing-masing memiliki kecenderungan stokastik, pertanyaan penting adalah apakah berbagai vintages telah kecenderungan umum tunggal? Jika tidak, ada masalah yang berpotensi interpretasi serius karena, selalu, tren yang berbeda tidak terikat bersama. Itu adalah motivasi yang masuk akal bagi produsen data untuk menghasilkan lebih dari satutren di vintages berbeda. Untungnya meskipun terdapat perubahan terbaru dalam GNP metodologi, temuan kami mendukung penafsiran satu tren saja.
Lain masalah, adalah apakah vintage tertentu secara memadai menangkap tren stokastik umum tunggal. Hasil penulis menunjukkan bahwa prasangka kemungkinan sebagian besar pengguna, vintage "final" terbaik dalam hal ini, dibenarkan oleh temuan empiris kami menemukan kecenderungan stokastik umum adalah sebuah isu yang berkaitan dengan jangka panjang kecenderung andalam seri berbeda, tapi apa jangka pendek? Penulis difokuskan pada jangka pendek pola korelasi di vintages berbeda dan menemukan bahwa hipotesis fiturumum semacam ini ditolak. Jadi kita dapat mencirikan hasil penulis sebagai menunjukkan bahwa vintages berbeda mewakili jangka panjang kecenderungan sama tetapi berbeda dalam gambar jangka pendek.
            Revisi data ini berhubungan dengan GNP (Gross National Product) yaitu kelemahan dan keuntungannya. Adapun kelemahan GNP adalah:
1.      Tidak memperhitungkan kegiatan produksi yang bersifat mikro seperti kegiatan RumahTangga.
2.      Tidak dapat memperhitungkan kegiatan ekonomi bawah tanah (underground economy activities) seperti penghindaran pajak, penyeludupan, danbisnis illegal lainnya.
3.      GNP tidak memperhitungkan nilai dari aktivitas rekreasi.
4.      GNP tidak memperhitungkan biaya polusi dan biaya yang timbul akibat kerusakan lingkungan.
Dan Keuntungan dari GNP adalah:
1.      Untuk mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara.
2.      Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional, berarti semakin tinggi pula kemajuan perekonomian suatu negara.
Untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Misalnya, jika suatu saat pendapatan nasional menurun, melalui penghitungan pendapatan nasional kita bias menganalisis faktor-faktor apa yang menyebabkan penurunan tersebut. Untuk memperoleh taksiran nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan menghitung pendapatan nasional (GNP dan GDP) kita bias mengetahui taksiran nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan ini pula pemerintah dapat menaksir barang dan jasa dalam membuat kebijakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
Untuk membantu membuat rencana pembangunan.  Dengan menghitung pendapatan nasional, kita bias mengetahui berbagai lapangan usaha yang menunjang perolehan pendapatan nasional. Jadi, apabila ingin meningkatkan pendapatan nasional, pemerintah harus merencanakan pembangunan lapangan-lapangan usaha tersebut.

Dikutip Dari :
http://www.cbs.nl/NR/rdonlyres/3A1063A1-1696-4991-BAD3-83EE78A7DCAF/17978/JournalofofficialstatisticsPattersonandHeravi3.pdf

Concept of Stocks and Flows
Judul                                                   : Dimensions, Stocks and Flows
Nama Pengarang/Tahun/Penerbit        : Kei Nakaji/2006/University of Takasaki City Faculty of                                                                   Economics

Latar Belakang & Masalah :
Ø  Dasar Pemikiran
Jurnal ini bertujuan untuk memperjelas konsepsi dimensi, saham dan arus, dan peran mereka dalam teori ekonomi. Tentunya, hampir setiap buku teks di bidang ekonomi menekankan pentingnya mereka. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa model ekonomi standar mengabaikan hal tersebut dan melanggar mengenai aturan untuk waktu dan dimensi.
          Jurnal ini mendefinisikan konsep utama yang dianut dalam dimensi waktu, saham dan arus, dan unit pengukuran besaran ekonomi.. Kami memastikan cacat dari beberapa teori ekonomi modern di terang dimensi dan konsepsi waktu dan melihat bahwa, bahkan jika mereka tidak mengandung kesalahan matematis, mereka sering kesalahan konsistensi formal untuk kebenaran dalam teori ekonomi, dan dalam beberapa kasus, mereka melakukan kontradiksi.

Ø  Motivasi Penelitian
                  Judul jurnal yang dibuat oleh penulis ini sama dengan Currie dan Steedman. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Currie dan Steedman memeriksa cara untuk menangani dengan         waktu. Konsep dalam teori ekonomi melalui wawasan mereka dan memesan sugestif dalam hal sejarah ekonomi modern . Mereka melacak  sifat seksama dan perkembangan konsepsi waktu ekonom besar, yaitu , A. Marshall , MEL Walras , E. Lindahl , J.R. Hicks , G.L.S. Belenggu, dan L.M. Lachman . Untuk membaca karya mereka dengan hati-hati , semua orang akan menerima kesimpulan mereka bahwa "tidak ada kerangka temporal yang unik telah mengamankan penerimaan universal antara ekonom " ( [ 5 ] hal.240 ) .
Mereka berpendapat mengenai dimensi , saham dan arus. Sangat disayangkan bahwa tidak ada visi yang jelas atau implikasi dari mereka untuk teori ekonomi disajikan . Oleh karena dasar itulah mendorong penulis dalam melakukan penelitian mengenai konsep dimensi , saham dan arus dalam konteks ekonomi modern yang Currie dan Steedman tidak mencoba untuk memeriksa secara rinci.
Tentunya , banyak buku teks standar di bidang ekonomi menekankan pentingnya dan pentingnya perbedaan antara saham dan arus . Meskipun demikian , pertimbangan untuk itu belum tentu cukup, terutama dalam diskusi tentang konsep dasar ekonomi .


Hasil dan Analisis :
            Menurut  William A. Mceachern (2000;147), persediaan adalah stock barang dalam proses, seperti komponen-komponen computer, dan stock barang jadi, seperti computer baru yang siap dijual.
             Menurut Robert B. Barsky dalam N. Gregory Mankiw (2005;18), biaya variable ekonomi mengukur jumlah uang, jumlah barangdan seterusnya. Para ahli ekonom membedakann antara dua jenis variable jumlah. Persediaan (stock) dan aliran (flows). Persediaan (stock) adalah jumlah barang yang diukur pada titik waktu tertentu, sedangkan aliran (flows) adalah jumlah yang diukur per unit waktu.
            Menurut  William A. Mceachern (2000;147), persediaan perlu stok barang dalam proses, seperti komponen computer dan stok barang jadi seperti computer baru yang siap dijual. Contoh : sejumlah pesawat terbang yang parkir di Bandara Toronto pada waktu tertentu. Uang yang ada dibank adalah stock.
Sedangkan, Aliran (Flow) merupakan sebuah variable yang mengukur tingkat per unit waktu (selama waktu tertentu) contoh : sejumlah pesawat terbang yang terbang dari Bandara Internasional Pearson Toronto dalam satu jam. Aliran pendapatan dan pengeluaran. Aliran ini berupa dollar atau rupiah per unit waktu seperti, $100 per unit minggu..                                                                                                  Stock dan flow saling berkaitan, karena flow mengubah stock. Aliran air ke dalam bak mandi akan mempengaruhi stock air di dalam bak mandi.
Capital, berupa bangunan, pabrik dan peralatannya, perumahan, barang konsumsi durable dan persediaan adalah stock dalam makro ekonomi. Termasuk dalam pengeluaran pada barang akhir perusahaan. Stock capital disebut investasi. Investasi adalah pembelian capital baru.
Aliran investasi akan menaikkan capital stock. Penurunan capital stock adalah akibat dari depresiasi. Perubahan capital sama dengan net investment, dimana sama juga dengan gross investment dikurangi dengan depresiasi.
            Saham dan arus memiliki unit yang berbeda dan karena itu tidak sepadan - mereka tidak dapat bermakna dibandingkan, disamakan , ditambah, atau dikurangi . Namun, satu mungkin bermakna mengambil rasio saham dan arus , atau mengalikan atau membagi mereka . Ini adalah titik beberapa kebingungan untuk beberapa mahasiswa ekonomi , karena beberapa bingung mengambil rasio ( valid) dengan membandingkan ( valid ) .
Rasio saham over flow memiliki unit   = Waktu . Sebagai contoh, rasio utang terhadap PDB memiliki satuan tahun ( sebagai PDB diukur dalam , misalnya , dolar per tahun sedangkan utang diukur dalam dolar ) , yang menghasilkan penafsiran rasio utang terhadap PDB sebagai " beberapa tahun untuk membayar off semua utang , dengan asumsi semua PDB ditujukan untuk pembayaran utang " .
Rasio aliran ke saham memiliki unit 1/time . Misalnya, perputaran uang didefinisikan sebagai PDB nominal / jumlah uang beredar nominal , tetapi memiliki unit ( dolar / tahun ) / dolar = 1/year .
Dalam waktu diskrit , perubahan dalam variabel saham dari satu titik waktu ke titik lain dalam waktu satu satuan waktu kemudian ( perbedaan pertama saham ) sama dengan variabel aliran yang sesuai per unit waktu . Misalnya, jika saham negara modal fisik pada tanggal 1 Januari 2010 merupakan 20 mesin dan pada 1 Januari 2011 sebesar 23 mesin , maka aliran investasi bersih selama tahun 2010 adalah 3 mesin per tahun. Jika kemudian memiliki 27 mesin pada tanggal 1 Januari 2012, aliran investasi bersih selama tahun 2010 dan 2011 rata-rata 3  mesin per tahun.
Secara matematis saham dapat dilihat sebagai akumulasi atau integrasi arus dari waktu ke waktu - dengan arus keluar mengurangkan dari saham. Saham biasanya memiliki nilai tertentu pada setiap saat waktu - misalnya jumlah populasi pada saat tertentu.
Sebuah aliran (atau "rate") perubahan saham dari waktu ke waktu. Biasanya kita dapat dengan jelas membedakan arus masuk (menambah saham) dan arus keluar (mengurangkan dari saham). Arus biasanya diukur selama interval waktu tertentu - misalnya, jumlah kelahiran lebih dari satu hari atau bulan.
Jika jumlah beberapa variabel saham pada waktu t adalah  Q (t) , maka derivative    adalah aliran perubahan saham . Demikian juga, stok pada suatu waktu t adalah integral dari aliran dari beberapa saat waktu nol sampai waktu t.
Misalnya, jika modal K (t)  meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu oleh aliran investasi bruto  dan menurun secara bertahap dari waktu ke waktu oleh aliran penyusutan  D(t), maka laju sesaat perubahan dalam modal saham ditentukan oleh
  =  -  D (t) =
di mana notasi , mengacu pada aliran investasi bersih, yang merupakan selisih antara investasi bruto dan depresiasi.
Kesimpulan :
Sejauh ini , definisi mengenai  saham , arus dan unit pengukuran , dan berusaha untuk menerapkannya pada beberapa teori ekonomi modern . Bangunan model matematika sering digunakan adalah penting selama mereka bertujuan untuk mencapai kesimpulan yang wajar dalam batas terbatas . Seperti disebutkan di atas , batas sampai batas tertentu sempit untuk ekonom . Ketika mereka menyamakan kuantitas ekonomi dengan kuantitas ekonomi yang lain , mereka harus melihat tidak hanya unitnya pengukuran tetapi juga dimensi waktu , stok dan aliran.
Memang , ketidakpedulian akan dimensi, persediaan serta aliran menyebabkan beberapa masalah kritis. Dalam doktrin upah - dana klasik , tidak ada mekanisme untuk menentukan tingkat upah , yaitu upah periode dibayar . Teori utilitas akrab tidak memiliki unit unik pengukuran utilitas . Fungsi produksi tidak sesuai dengan asumsi linier homogen ( atau homogen tingkat pertama ) karakter dan teorema kelelahan dari total produk . Akhirnya , analisis IS - LM adalah kontradiksi-diri untuk pengobatan simultan dan penentuan saham dan arus.
Jika argumen yang dikembangkan dalam jurnal ini benar, Mungkin perlu perubahan dalam cara berpikir kita pada modus operandi jumlah ekonomis . Diakui, topik yang dibahas di sini terlalu sedikit untuk membuktikan arti dan makna dari konsepsi dimensi , saham dan arus secara maksimal . Namun demikian , masalah yang disajikan di sini terbuka untuk argumen lebih lanjut. Jika diperlukan , semua teori-teori ekonomi terkenal aksiomatik dan model ekonomi yang positif dapat dipertimbangkan kembali dalam hal konsepsi yang disajikan di sini .




Ekonomi 4 Sektor

Judul : The structural failure of Irish economic development and employment policy

Nama penulis/tahun terbit :  Tom O’Connor*/2008

Latar Belakang & Masalah :
Ø  Dasar Pemikiran
Ekonomi, mendengar kata tersebut kita pasti akan menyimpulkan bahwa kegiatan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, tapi alat pemuas kebutuhannya yang tidak terbatas. Ekonomi sangat erat kaitannya dengan hidup manusia karena ekonomi tercipta dari adanya masalah kelangkaan dan kebutuhan. Untuk mengatasi masalah-masalah  ekonomi yang terjadi dan akan terjadi, maka ekonomi tersebut dibagi kedalam dua kelompok besar, yaitu Mikroekonomi dan Makroekonomi.
Berbicara tentang mikroekonomi dan makroekonomi, kita pasti dapat langsung mengklasifikasikan ekonomi menurut luang lingkupnya. Miroekonomi merupakan ilmu yang banyak membahas tentang hubungan ekonomi sektor rumah tangga dan perusahaan. Sedangkan, Makroekonomi adalah ilmu yang membahas tentang ruang lingkup ekonomi secara luas, mencakup sektor Rumah Tangga, Perusahaan, Pemerintah serta luar negeri.
Latar belakang penulisan makalah ini adalah karena adanya impact yang cukup besar akibat kebijakan ekonomi mengenai ketenagakerjaan yang ada diperusahaan yang dibuat pemerintah irlandia yang dapat mengakibatkan berubahnya keadaan ekonomi di empat sektor tersebut. Karena dampak yang ditimbulkan dari kebijakan yang dibuat pemerintah sangat mempengaruhi sektor lain, untuk itu sektor lain kami teliti sampai sejauh mana itu terjadi.
                 
Ø  Motivasi Penelitian
Motivasi penulis dalam penulisan jurnal ini adalah untuk membahas lebih jauh soal ekonomi empat sektor itu sendiri, serta membahas dampak sebesar apa yang terjadi pada keempat sektor berikut jika terjadi kebijakan yamg dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, kita juga dapat mempelajari dan memperkirakan langkah apa yang akan diambil jika negara Indonesia mengalami kejadian seperti ini.


Hasil dan Analisis :
Pada jurnal ini, kita akan membahas tentang resesi Irlandia sejak 2008 dan kebutuhan untuk memperkenalkan kebijakan ketenagakerjaan baru yang radikal sebagai tujuan utamanya. Namun apakah kebijakan ini dapat efektif mengurangi pengangguran dan menempatkan Irlandia pada lebih negara responsif , adil dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan jalur kebijakan ketenagakerjaan dari 2010 dan seterusnya. Apakah kebijakan tersebut dapat mempengaruhi kebijakan tersebut akan mempengaruhi kebijakan sektor rumah tangga, perusahaan dan luar negeri.
            Melihat dari penjelasan sebelumnya, kita  dapat mengetahui jawabannya dari solusi yang dirumuskan pemerintah irlandia berikut ini : menunggu kondisi ekonomi global untuk melakukan ekpansi pasar, meningkatkan daya saing negara, memotong pengeluaran negara dan menunggu pasar untuk meningkatkan produksi ( ESRI , 2010).
Namun, dari sektor pemerintah, Ini adalah ekonomi tidak sehat. Pemotongan terus menerus lanjut mengempis perekonomian domestik . Hal ini menciptakan pengangguran lebih lanjut. Hal ini semakin mengurangi pajak dan memperlebar defisit bendahara.
            Pada sisi perusahaan, memang benar jika membaca pasar itu untuk melakukan ekspansi itu memang sangat penting, tapi jika hanya menunggu terus tanpa melakukan produksi serta biaya tidak disubsidi pemerintah maka akan berdampak pada meruginya perusahaan serta tidak adanya kontribusi dari perusahaan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.
            Pada sisi kepentingan luar negeri, pemerintah irlandia memang dapat bersaing dengan negara lain, jika investasi dapat dikelola dengan baik dan benar oleh perusahaan. Melihat keadaan yang terjadi, maka siklus ekonomi 4 sektor dinegara irlandia tidak berjalan dengan maksimal dan cenderung timpang ( Keynes , 1936 , Sidelsky , 2009 )
            Pemerintah irlandia harus dituntut untuk bergerak cepat dalam melakukan kebijakan ekonominya agar dapat menyeimbangkan circular flow/ siklus ekonomi 4 sektor, yaitu
·         Paket stimulus yang pertama adalah pemerintah menyuntikkan uang langsung ke industri pengetahuan baru atau peneliti untuk penelitian sebagai dikemukakan oleh Enterprise Strategy Group laporan Menjelang Curve (2004). Industri yang disuntikkan dana seperti perangkat bio-medis, energi berkelanjutan, bahan makanan dan makanan berkualitas tinggi produk, telematika dan teknologi informasi dan komunikasi.
·         Paket stimulus yang kedua adalah memperbesar investasi di bidang sosial, kesehatan dan pendidikan infrastruktur yang memiliki manfaat ekonomi dan sosial yang jelas seperti, Program gedung sekolah yang akan menciptakan  lapangan kerja bagi  ribuan orang dalam proses konstruksi dan renovasi.
·         Paket stimulus ketiga adalah mengambil keuntungan dari biaya rendah saat rumah dibuat. Maksud dari stimulus ini adalah jadi subsidi silang untuk kepemilikan rumah. Pemerintah awalnya akan memberikan lebih dari € 5 milyar untuk membeli 50.000 rumah menuju memenuhi kebutuhan perumahan sosial saat ini. 35.000 rumah-rumah ini akan dijual sebagai perumahan yang terjangkau, sisanya sebesar 15.000 rumah dijual dengan pajak barang mewah sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang banyak serta memajukan sektor industri dan perusahaan didalam negeri.

Kesimpulan :
            Kesimpulan artikel diatas bahwa ekonomi empat sektor disuatu negara akan menentukan keberhasilan suatu negara dalam mengelola sumber daya serta mengatur kebijakan untuk menjaga kepentingan semua sektor yang berada didalamnya akan saling menguntungkan (Simbiosis Mutualisme). Jika salah satu kebijakan dianggap hanya menguntungkan satu sektor, namung sektor yang lain tidak, seperti kasus kebijakan ekonomi yang dibuat pemerintah irlandia yang diharapkan akan baik pada sektor ketenagakerjaan dinegara tersebut, malah menimbulkan pengangguran yang tidak sedikit. Untuk itu, pemerintah hendaknya mementingkan kepentingan sektor lain untuk menentukan kebijakan yang saling menguntungkan.

Dikutip dari :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Noor Mutia Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template