·
DEFINISI KOMPUTER
Kata komputer sebenarnya
berasal dari Bahasa Yunani: COMPUTARE/ TO COMPUTE yang berarti menghitung.
Berdasarkan arti tersebut, maka secara harafiah komputer bisa diartikan sebagai
sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data
informasi yang berupa teks, gambar maupun suara untuk menghasilkan output yang
kita kehendaki.
Para ahli :
# HAMACHER
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi
# BLISSMER
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi
# FUORI
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia
# ELIAS M. AWAD
Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).
# LARRY LONG & NANCY LONG
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik
# ROBERT H. BLISSMER
Komputer adalah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpanperintah-perintah dan hasil pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi
# DONALD H. SANDERS
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, bekerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi
# WILLIAMS, SAWYER
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi
# BLISSMER
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi
# FUORI
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia
# ELIAS M. AWAD
Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).
# LARRY LONG & NANCY LONG
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik
# ROBERT H. BLISSMER
Komputer adalah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpanperintah-perintah dan hasil pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi
# DONALD H. SANDERS
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, bekerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi
# WILLIAMS, SAWYER
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan
·
GENERASI
KOMPUTER
1. Komputer Generasi Ke I (1945-1955)
a) Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk
sirkuitnya
b) Program hanya dapat digunakan dengan
menggunakan bahasa mesin Assembler
c) Ukuran fisik komputer yang terlalu besar,
sehingga memerlukan tempat yang sangat
luas
d) Cepat
panas dan memerlukan daya listrik
yang besar
e) Proses
kurang cepat dan kapasitas
penyimpanannya sangat kecil
f) memiliki
media penyimpanan luar: silinder magnetic/ magnetic tape
g) Berorientasi pada aplikasi bisnis
contoh : UNIVAC II
2. Komputer Generasi Ke II (1955-1965)
a) Sirkuitnya terbuat dari transistor
b) Pemrograman dibuat dengan bahasa tingkat
tinggi seperti FORTRAN, COBOL dan ALGOL
c) Kapasitas memori sudah cukup besar dan
prosesnya sudah lebih cepat
d) Ukuran fisik sudah lebih kecil daripada
komputer generasi pertama
e) Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
f) Berorientasi pada bisnis dan teknik
Contoh computer : UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, 1107, IBM
7070, 7080, 1400, 1600.
3. Komputer Generasi Ke III (1965-1980)
a) Menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai
komponennya
b) Pemrosesan lebih cepat dan kapasitas memori
lebih besar
c) Bentuk fisik lebih kecil dan harganya murah
d) Peningkatan Software
e) Penggunaan listrik lebih hemat
f) Media penyimpanan: Disc Magnetic
Contoh: UNIVAC 1109 dan UNIVAC
9000.
4. Komputer Generasi Ke IV (1980-1990)
a) Menggunakan Large Scale Integration (LSI).
b) Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip(Intel/AMD) untuk memori komputer.
b) Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip(Intel/AMD) untuk memori komputer.
Contoh : IBM 370,Apple II,IBM PC/XT,IBM PC/AT,IBM PS/2,IBM
PC/386,IBM PC/486,IBM Pentium II
5. Komputer Generasi Ke V
a)
Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale
Integration).
b) Di Jepang didirikan ICOT untuk mengembangkan computer yaitu
dengan menciptakan computer yang powerfull dan intelligent yang dapat
mengerjakan tugas dgn karakteristik seperti manusia dgn natural language.
6. Komputer Generasi Ke VI
a) Komputer
generasi ke VI merupakan generasi computer masa depan.
·
BAGIAN-BAGIAN DASAR KOMPUTER
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu
perangkat lunak dan perangkat keras:
Perangkat keras
1.
CPU :
sebagai unit yang mengolah data
2.
Memori RAM : tempat menyimpan data
sementara
3. Hard drive :
media penyimpanan semi permanen
4. Perangkat masukan : media yang digunakan untuk memasukkan data untuk
diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard,
dan tablet
5. Perangkat keluaran : media yang digunakan untuk menampilkan hasil
keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat
lunak
1.
Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Slot pada computer
4.
USB :
slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan,
artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat
digunakan)
·
IMPLEMENTASI KOMPUTER
1. Bidang pendidikan
Sebagai sarana belajar bagi siswa untuk meningkatkan siswa karena metode belajar lebih efektif bagi mahasiswa., memperkenalkan
kom. Agar siswa terbiasa nnti dalam dunia kerja, menambah wawasan pengetahuan.
2. Bidang bisnis
Untuk
menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan
informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi
menigkatkan mutu manajemen.
3. Bidang perbankan
Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk
meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan dengan menjamin
keamanan dan kerahasiaan rekening para nasabah dll.
4. Bidang pertahanan dan keamanan
Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan
pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan
menyerang juga di kendalikan komputer.
5. Bidang seni
Adanya aplikasi adobe photoshop, corel draw, auto cad dapat mempermudah
manusia dalam meyelesaikan pekerjaannya khususnya bidang seni.
6. Bidang
kedokteran
Untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat
dengan kasat mata. Contohnya Sistem CAT (Computer Axial Tomograph) untuk
membuat gambar otak dan organ tubuh yang bergerak, USG.
7. Bidang komunikasi
E-Mail, skype,twitter salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan
komputer.
MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer
kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon.
8. Bidang Transportasi
Penggunaan kom. Dibidang transportasi yaitu mengatur lampu lalu lintas,
sensor yang digunakan untuk melakukan pengendalian jalan raya dengan memberikan
pesan kpd kom. Pusat, jalur penerbangan dapat diprogram dlm computer,serta melakukan penjualan tiket
di terminal,bandara,stasiun.
9. Bidang industry
Komputer
digunakan di dalam bidang industri yaitu (CAM – Computer Aided
Manufacturing) untuk menghasilkan
produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah
kekurangan tenaga kerja dan Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD –
Computer Aided Design.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar